Tak Berkategori  

Kalapas Bukittinggi dan Ka UPT Imigrasi Agam Serahkan Paket Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid

Kepala Imigrasi Agam, Qriz Pratama menyerahkan paket bantuan dalam bentuk program Kum Ham Peduli dan KumHam Berbagi. (foto: Asrial Gindo)

Bukittinggi,Singgalang – Kementerian Hukum dan HAM secara telah menyalurkan paket bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid 19, Kamis (29/7).

Untuk tingkat nasional, bantuan diserahkan langsung secara simbolis oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly. Sedangkan di kantor wilayah dan Unit pelaksana teknis diserahkan secara langsung oleh masing-masing kepala wilayah dan UPT setempat.

Khusus untuk UPT Lapas Kelas IIA Bukittinggi diserahkan langsung oleh Kalapas, Marten dan UPT Imigrasi Kelas II Non TPI Agam diserahkan oleh kepalanya, Qriz Pratama.

Penyerahan bantuan di dua UPT Lapas dan Imigrasi Agam itu disaksikan langsung oleh walinagari Lambah, Amril Hasan.

Kalapas Kelas IIA Bukittinggi, Marten seusai menyerahkan paket bantuan kepada Singgalang mengatakan bahwa bantuan yang diserahkan itu merupakan bantuan dari jajaran Kementrian Hum dan Ham dalam bentuk program “KumHam Peduli, Kumham Berbagi”.

“Program itu untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi covid 19.” ujarnya.

Informasi yang diperoleh Singgalang, secara nasional jumlah bantuan yang disalurkan sebanyak 46.614 paket dan dana sosial sebesar 700 juta rupiah.

Paket tersebut diberikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia, yang terdiri atas 43.558 kepala keluarga yang terdampak langsung pandemi Covid-19, serta kepada 3.056 orang ASN Kemenkumham yang terpapar Covid-19. Sedangkan dana sosial diberikan kepada tujuh kantor Wilayah Kemenkumham yang saat ini menerapkan PPKM Level 4, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Adapun paket bantuan sosial Kumham Peduli Kumham Berbagi per orang diberikan dalam bentuk beras, minyak goreng, gula, mie instan, sarden, dan susu.

Sedangkan untuk wilayah Sumbar Bantuan yang disalurkan barjumlah 1, 235 paket untuk masyarakat dan 66 paket untuk ASN dngan total dana sebesar Rp 338 juta lebih.

Sementara Walinagari Lambah, Amril Hasan mengucapkan terimaksih kepada kementeian hukum dan HM yang telah menyerahkan paket bantuan kepada warganya melalui UPT Lapas Kelas IIA Bukittinggi dan UPT Kantor Imigrasi Agam.

“Bantuan yang diberikan itu tentunya sangat besar mamfaatnya bagi warga, karena akibat pembataaan yang diberlakukan pemerintah untuk menanggulangi pandemi covid 19, sangat berdapak bagi bwarganya,” ujar Amril Hasan. (203)