oleh

Kampung Pinang dan Lubuk Basung Gelar Pilwana Elektronik

LUBUK BASUNG – Pemerintah Kabupaten Agam melaksanakan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) 2019 tahap I di dua nagari, Senin (4/11).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN), Teddy Martha mengatakan, kedua nagari yang mengikuti Pilwana ini adalah Nagari Lubuk Basung yang memiliki 54 TPS dan Kampung Pinang 4 TPS.

Pemilihan dilaksanakan mulai 08.00 WIB sampai 15.00 WIB, dengan sistem e-voting.

“Pilwana dengan menggunakan peralatan berbasis elektronik ini, sudah kali kedua dilaksanakan yang diawali pada 2017,” katanya.  Untuk peralatan sudah didroping ke semua TPS dan langsung dilakukan simulasi kepada KPPS. Sehingga pada waktu pelaksanaan pemilihan tidak ada kesalahan dalam menginput data.

Peralatan yang di drop ke TPS semuanya sudah ready dan siap digunakan. Namun perlu juga dilakukan simulasi terhadap KPPS.

“Untuk kelancaran pemilihan kita menstandby kan tenaga teknis inti sebanyak 18 orang. Mereka bertugas mendampingi tenaga teknis lapangan yang ditempatkan satu orang per TPS. Di samping itu, kita juga didampingi 3 orang tenaga ahli dari BPPT,”katanya.

Pilwana tahun ini diikuti 29 nagari yang terbagi menjadi VI tahap. Mulai 4 sampai 25 November 2019.
Untuk itu diharapkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Wali Nagari kali ini meningkat.

“Melalui Pilwana ini lah masyarakat bisa memilih, siapa yang akan membawa nagari menjadi lebih baik untuk enam tahun ke depan, “katanya. (mursyidi)

Loading...

Berita Terkait