Tak Berkategori  

Kapolda Ajak Masyarakat Jaga Monumen Polwan Bukittinggi

PADANG – Kapolda Sumatera Barat Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto mengajak masyarakat di daerah itu untuk menjaga monumen polisi wanita (polwan) sebagai bentuk kecintaan terhadap sejarah.

“Pada 1 September 2015 Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti, dijadwalkan meresmikan monumen polwan di Kota Bukittinggi dan kami harap masyarakat Sumbar menjaganya sebagai bentuk kecintaan terhadap sejarah,” kata dia usai apel gelar pasukan pengamanan VVIV di lapangan Lanud Tabing, Padang, Sabtu.

Ia menceritakan, bahwa polwan pertama berasal dari Kota Bukittinggi maka dari itulah monumen polwan dibangun di kota itu.

Pada saat Agresi Militer II sebagian masyarakat Bukittinggi menjauhi wilayah perang dan untuk mencegah adanya penyusup maka diadakan pemeriksaan kepada pria dan wanita.Namun lanjutnya, wanita tidak mau diperiksa oleh polisi laki-laki.

“Dari sana muncul ide untuk mendidik wanita menjadi polisi,” kata dia.Polwan pertama yang dididik menurutnya hanya berjumlah enam orang tepat pada 1 September 1948.

Ia mengatakan pada 1993 monumen polwan telah dibangun di Kota Bukittinggi dan sekarang merupakan renovasi. Ia melanjutkan dengan adanya semangat untuk menjaga diharapkan generasi yang akan lebih mengetahui sejarah polwan.

Sementara itu, seorang mahasiswa di Padang yang berasal dari Kota Bukittinggi mengatakan setuju dengan yang disampaikan Kapolda sumbar.

“Dengan adanya monumen menambah wawasan kita pada sejarah bangsa dan kami warga Bukittinggi akan menjaga monumen polwan itu,” kata dia. (*/lek)

Sumber: antara