oleh

Kapolda: Situasi Kamtibmas di Sumbar Sangat Kondusif

PADANG – Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal mengatakan situasi dan kondisi Kamtibmas di Ranah Minang sangat kondusif, tidak ada gangguan dan ancaman di Sumbar. Meskipun aman, pihaknya tetap waspada dan menjaga wilayah Sumbar dari ancaman dan gangguan yang akan terjadi.

“Wilayah Sumbar kondusif, tidak ada gangguan dan ancaman, “ujar Kapolda, usai pemimpin rapat lintas sektoral dalam rangka pengamanan Lebaran Idul Fitri, Rabu (15/5) di Mapolda. Rapat tersebut dihadiri Gubernur Irwan Prayitno, Kajati, Danrem 032/Wbr, Danlantamal, Danlanud, Forkopimda, pejabat utama Polda dan para kapolres.

Dikatakan, dalam pengamanan Lebaran, ada beberapa kerawanan yang harus diantisipasi, yakni kecelakaan lalulintas (Lantas), kemacetan, tindakan kriminal dan bencana alam.

“Beberapa kerawanan itu telah kita antisipasi dengan mengerahkan dua pertiga kekuatan Polri,” katanya.

Ramadhan dan Idul Fitri merupakan nuansa religius yang dilaksanakan masyarakat Sumbar yang memegang teguh nilai keagaman. Silaturrahmi antar sesama akan meningkatkan mobilitas, kebutuhan pokok serta nuansa liburan di sejumlah tempat wisata.

Untuk personel kepolisian dikerahkan sebanyak 3.259 dan ditambah instansi terkait, yang ditempatkan di 62 pos pengamanan dan 32 pos pelayanan serta beberapa tempat yang dianggap rawan.

Dalam rapat itu, masing-masing instansi memaparkan rencana kegiatan dan tingkat kerawanan yang harus diantisipasi. (guspa)

News Feed