Tak Berkategori  

Kapolres Imbau Masyarakat Korban Pungli dan Pemalakan Segera Melapor

Ilustrasi (okezone.com)
Ilustrasi (okezone.com)

PADANG – Pemberantasan kejahatan jalanan, premanisme dan kekerasan seksual jadi prioritas AKBP Chairul Azis yang dilantik sebagai Kapolresta Padang, Jumat (13/5) lalu.

Mantan Kapolres Limapuluh Kota dan Dharmasraya ini, Selasa (18/5) menjelaskan, Operasi Bina Kusuma Cipta Kondisi 2016 yang digelar 15 hingga 29 mei mendatang dimanfaatkan untuk menciptakan kota Padang menjadi aman serta Kamtibmas berjalan dengan baik.

Hanya saja pihaknya belum menemukan adanya indikasi preman itu melakukan tindak pidana. Jika ada ditemukan dan terbukti melakukan tindak pidana pihaknya akan memprosesnya sesuai hukum yang berlaku.

Operasi ini digelar untuk mengantisipasi dan memberantas aksi pungli, pemerasanoleh preman di tempat wisata, tempat hiburan dan pusat keramaian.

“Seperti tukang parkir liar, itu juga akan kita tertibkan, dan dilakukan pembinaan, agar memiliki kartu parkir sesuai Perda. Hal itu bertujuan agar masyarakat merasa nyaman memakir atau meninggalkan kendaraannya, dan tarif parkir sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Terkait pemalakan atau pemerasan, Kapolres mengajak masyarakat yang merasa menjadi korban agar melaporkan kepada pihak kepolisian agar para pelaku bisa dijerat dan dipidanakan sehingga memberikan efek jera terhadap pelakunya.

“Masyarakat jangan takut, laporkan saja. Dengan begitu para preman yang melakukan pemalakan dan pemerasan bisa kita tangkap, karena tanpa ada laporan dari korban, para pelaku itu akan tetap berkeliaran. Mari kita bersama-sama memberantas aksi-aksi premanisme yang menganggu Kamtibmas,” tuturnya. (arief)