Tak Berkategori  

Kasus Aktif Covid-19 di Payakumbuh Terus Berkurang

Covid-19 test.(ist)

PAYAKUMBUH – Kasus positif Covid-19 di Kota Payakumbuh terus melandai. Bahkan penambahan kasus baru dalam beberapa hari belakangan tidak terjadi. Perkembangan Covid-19 di kota itu terus menunjukkan tren positif. Dimana angka kasus aktif terus melandai menjadi 75 kasus, dalam beberapa minggu lalu masih menembus angka lebih dari 350 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal, kepaa wartawan, Kamis (9/9), mengatakan, dari tracing yang terus dilakukan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh beberapa hari yang lalu kepada riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif, dan hasilnya keluar Rabu (8/9), tidak ditemukan penambahan kasus baru dan delapan orang dinyatakan bebas isolasi.

“Melihat perkembangan kasus kita yang terus turun, pak wako berpesan agar masyarakat tetap waspada. Jangan sampai lengah dan mengabaikan kembali penerapan protokol kesehatan. Jangan sampai dengan lonjakan kasus, semua kegiatan masyarakat kembali dibatasi. Maka pesan kami kepada masyarakat, untuk tetap menerapkan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas serta ikut vaksinasi dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya penambahan bebas isolasi itu, sampai hari ini data untuk Kota Payakumbuh didapati sebanyak 68 orang isolasi mandiri dirumah dan 7 orang dirawat di rumah sakit. “Adapun untuk daftar dari delapan orang yang dinyatakan bebas isolasi hari ini adalah Armas, laki-laki, 68 tahun, Payolansek, pensiunan. Darmawati, perempuan, 62 tahun, Payolansek, IRT, Elizabeth Giovani Sitompul, perempuan, 23 tahun, Perum Griya Nadima, pegawai toko baju Tanjung Pati. Selanjutnya Hendrda, laki-laki, 37 tahun, Tiakar, pegawai kontrak PU. Jonnaidi, laki-laki, 53 tahun, Balai Jaring, purnawirawan TNI. Musdar Jamad, laki-laki, 78 tahun, Limbukan, pensiunan, Radhiatul Hikmah, perempuan, 34 tahun, Talang, ASN Kantor Lurah Koto Tangah dan Sumarni, perempuan, 77 tahun, Talang, pensiunan,” tambahnya.

Dikatakan, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat Payakumbuh agar secepatnya melakukan vaksinansi di fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kota Payakumbuh. Serta untuk remaja juga telah bisa menerima vaksin Covid-19. “Untuk vaksinasi diharapkan untuk remaja berusia 12-17 tahun agar secepatnya melaksanakan vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kota Payakumbuh,” katanya.

Selain itu, dr. Bek juga menginformasikan, semua kelurahan di Kota Payakumbuh telah keluar dari zona merah. Sedangkan untuk kelurahan yang zona hijau 12 kelurahan, sisanya masih zona kuning dan oranye. “Semoga dengan berangsur turunnya kasus aktif kita, semua kegiatan kita akan kembali berjalan normal. Kuncinya, masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan dalam kesehariannya. Dengan protokol kesehatan, maka semua bisa dihindari. Baik penularan maupun menularkan kepada orang lain,” ucapnya lagi.

Sementara untuk data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai hari ini adalah suspek sebanyak 0 orang, kasus baru sebanyak 0 orang, total kasus konfirmasi sebanyak 2.647 orang, sembuh sebanyak 2.512 orang, isolasi sebanyak 68 orang, rawat sebanyak 7 orang, meninggal dunia sebanyak 52 orang, KE sebanyak 0 orang, dengan total swab sebanyak 22.453 sampel.(bule)