Tak Berkategori  

Kasus Covid-19 di Payakumbuh, Enam Positif dan 13 Sembuh

Ilustrasi.(ist)

PAYAKUMBUH – Perkembangan kasus Covid-19 dalam beberapa hari belakangan di Kota Payakumbuh mulai melandai.

Meski ada penambahan kasus baru, tapi angka kesembuhan lebih tinggi dari konfirmasi positif.

Per 31 Mei, kasus aktif Covid-19 di kota itu telah turun menjadi 63, pada hari sebelumnya berjumlah 70 orang.

Namun pada perkembangan zonasi yang di keluarkan Pemprov Sumbar, Kota Payakumbuh masih berada pada zona oranye.

Kadiskes Kota Payakumbuh Bakhrizal, kepada wartawan, Selasa (1/6), mengatakan, perkembangan yang terus melandai ini jangan dimaknai masyarakat kalau Covid-19 ini telah usai.

Namun harus dijadikan pelajaran dan tetap mengikuti protokol kesehatan dalam setiap aktivitas.

Bahkan pihaknya juga terus melakukan tracing dan pengambilan sampel swab bagi masyarakat yang melajukan kontak dengan kasus positif Covid-19.

“Petugas kita di lapangan terus melakukan tracing. Dari hasil yang didapat, masih ditemukan enam penambahan kasus positif yang merupakan tracing dari beberapa hari sebelumnya yang hasil tes swabnya keluar hari ini. Selain itu, terkait zonasi skor kita cukup bagus. Dengan tren positif beberapa hari terakhir ini, sedikit lagi kita (Payakumbuh-red) akan menuju zona kuning. Walaupun ada penambahan, yang bebas isolasi juga cukup banyak yaitu 13 orang,” ujarnya.

Selain itu, dia juga menyebutkan, sampai saat ini sudah lebih dari 10 ribu masyarakat Kota Payakumbuh yang divaksinasi. Dan diimbau kepada masyarakat yang belum, agar segera melapor ke kantor lurah dan petugas dari Dinkes akan segera melakukan vaksin di kelurahan.

“Kota Payakumbuh termasuk yang terbaik dalam pelaksanaan vaksinasi di Sumbar. karena sosialisasi yang dilakukan petugas juga baik kepada masyarakat di lapangan. Selain itu, vaksin itu juga aman dan halal. Jadi jangan mudah percaya kepada berita hoaks yang beredar, karena itu akan merugikan dan menyesatkan kita semua. Dengan percepatan vaksinasi, mudah-mudahan target Payakumbuh ke zona hijau bulan Agustus mendatang bisa terwujud,” tambahnya.

Dikatakan, saat ini dari data yang kita peroleh untuk Kota Payakumbuh didapati sebanyak 49 orang yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah dan 14 orang dirawat di rumah sakit.

“Data itu merupakan data terbaru yang diterima oleh petugas. Dengan adanya tren yang semakin baik dari hari ke hari, mudah-mudahan apa yang kita inginkan yaitu Payakumbuh kembali ke zona hijau bisa segera terwujud. Untuk itu, kepada masyarakat kita berharap agar selalu disiplin dalam menerapkan prokol kesehatan dengan memathu 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun, disetiap kegiatan yang dilakukan,” katanya.

Sementara itu, untuk untuk laporan data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai hari ini adalah suspek sebanyak 8 orang, kasus konfirmasi sebanyak 1.326 orang, dimana sembuh sebanyak 1.241 orang, isolasi sebanyak 49 orang, dirawat sebanyak 14 orang, meninggal dunia sebanyak 22 orang, KE sebanyak 16 orang, discarded sebanyak 14.503 orang dengan total swab sebanyak 16.352 sampel. (Bule)