Tak Berkategori  

Kasus Covid-19 di Payakumbuh Terus Melanda

Foto: healtheurope.eu

PAYAKUMBUH – Pandemi Covid-19 di Kota Payakumbuh mulai terkendali lagi. Buktinya, dalam seminggu terakhir tidak ada penambahan kasus positif. Dengan demikian, perkembangan kasus Covid-19 di kota itu terus melandai dari hari ke hari. Hingga Minggu (26/9), kasus aktif virus corona tinggal 24 kasus saja.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal, kepada wartawan, Senin (27/9), mengatakan, dari tracing yang terus dilakukan Dinas Kesehatan eberapa hari yang lalu kepada riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif, dan hasilnya keluar kemrin, tidak ditemukan penambahan kasus baru dan satu orang dinyatakan bebas isolasi.

“Sehingga sampai hari ini, data untuk Kota Payakumbuh didapati sebanyak 18 orang isolasi mandiri dirumah dan 6 orang dirawat di rumah sakit. Perkembangan kasus kita terus melandai. Sampai hari ini sudah 35 kelurahan yang berstatus zona hijau di Payakumbuh. Dan tidak ada yang berada pada zona oranye maupun merah. Sisanya sebanyak 13 kelurahan berada pada zona kuning,” ujarnya.

Walaupun demikian, dr. Bek sapaan akrabnya terus berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada. Dan jangan sampai lengah, apalagi sampai menyepelekan dan menganggap remeh penerapan protokol kesehatan. Karena apabila itu terjadi, maka alamat kasus positif akan kembali melejit di kota ini. “Maka tetap terapkan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, manjaga jarak, mengihndari kerumuan dan mengurangi mobilitas, dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga disarankan untuk konsumsi makanan sehat dan buah-buahan,” tambahnya.

Selain itu, Kadinkes juga mengimbau kepada masyarakat Payakumbuh, agar secepatnya melakukan vaksinansi di fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kota Payakumbuh. Karena selain untuk masyarakat umum, untuk remaja juga telah bisa menerima vaksin Covid-19. “Untuk vaksinasi diharapkan untuk remaja berusia 12 sampai 17 tahun, agar secepatnya melaksanakan vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kota Payakumbuh. Karena vaksin untuk remaja ini sangat diprioritaskan pula, karena alasan pembelajaran tatap muka,” katanya.

Sementara untuk data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai kemarin suspek sebanyak 0 orang, kasus baru sebanyak 0 orang, total kasus konfirmasi sebanyak 2.691 orang, sembuh sebanyak 2.609 orang, isolasi sebanyak 18 orang, rawat sebanyak 6 orang, meninggal dunia sebanyak 53 orang dan kontak erat sebanyak 0 orang. (bul)