Tak Berkategori  

Kasus Covid-19 di Tanah Datar Makin Melandai

Kasubag Humas Setdakab Tanah Datar, Muharwan. (mus)

Tanah Datar, Singgalang – Temuan kasus baru konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat sudah sangat landai. Bahkan, beberapa hari belakangan, angkanya berada pada satu digit.

Sementara itu, jumlah pasien yang sembuh juga terus bertambah. Hingga Senin (6/9) kemarin, sebanyak 3.851 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19 dari total kasus konfirmasi sebanyak 4.833 orang.

Kasubag Humas Setdakab Tanah Datar, Muharwan menyebut, pada Senin (6/9), tambahan kasus konfirmasi adalah empat orang, dan yang sehat ada satu orang. Sedangkan Minggu (5/9), tambahan kasus konfirmasi lima orang, dan pada Sabtu (4/9) terjadi tambahan sebanyak sebelas orang.

Kendatipun dinilai sudah sangat landai, namun Bupati Tanah Datar Eka Putra meminta warganya agar senantiasa menegakkan protokol kesehatan dengan ketat. Sebab, secara global Covid-19 masih berstatus pandemi. Itu artinya, penularan masih terjadi di banyak negara kendati dalam angka yang relatif kecil.

Pada berbagai kesempatan bertemu masyarakat dan rapat-rapat dinas, bupati selalu menyampaikan harapannya, aktifitas akan dapat kembali berjalan sebagaimana mestinya tanpa pembatasan-pembatasan, ketika warga disiplin dengan protokol kesehatan.

‘’Kegiatan ekonomi, sosial, pendidikan, dan lain-lain yang terganggu akibat pemberlakuan berbagai pembatasan, dapat kembali bergerak, seperti sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang merupakan program unggulan di daerah berjuluk Luak Nan Tuo ini,’’ katanya.

Mencermati angka-angka kasus Covid-19 yang dirilis Dinas Kesehatan, kendati tambahan kasus baru terbilang minim dan pasien yang sembuh cukup banyak. Namun, warga yang menjalani isolasi masih terbilang tinggi, yakni sebanyak 681 orang dan puluhan lainnya dirawat di berbagai rumah sakit, ditambah pula dengan kasus meninggal saat berstatus positif Covid-19. ‘

’Total warga meninggal dunia 164 orang,’’ sebut Muharwan.

Warga Tanah Datar yang menjalani perawatan di Kota Padang tercatat di RS Hermina sebanyak 2 orang, RSU Bunda BMC 5 orang, RSUP M. Djamil 20 orang, RS Ibnu Sina Padang 1 orang, Semen Padang Hospital 1 orang, dan RSJ HB Saanin sebanyak satu orang.

Lokasi perawatan lainnya adalah RSO Muhammad Hatta Bukittinggi 10 orang, RS Achmad Muchtar 10 orang, RS Ibnu Sina Padang Panjang 16 orang, RSUD Padang Panjang 17 orang, RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar 11 orang, RS Ibnu Sina Bukittinggi 9 orang, dan RSUD Adnan WD Payakumbuh sebanyak 4 orang.

Di RSUD Padang Pariaman ada 4 orang yang menjalani perawatan, RSUD Bukittinggi 4 orang, RSUD Muaralabuh Solok Selatan 1 orang, dan menjalani perawatan di RSUD M. Natsir Solok 3 orang. (musriadi)