Tak Berkategori  

Kasus positif Covid-19 di Payakumbuh Kembali Bertambah

Covid-19 test.(ist)

PAYAKUMBUH – Kasus positif Covid-19 di Kota Payakumbuh kembali bertambah. Sebanyak 13 masyarakat kota itu dinyatakan positif Covid-19.

Sehingga sampai saat ini kasus aktif Kota Payakumbuh menjadi 212 kasus. Sebanyak 184 orang isolasi mandiri dirumah dan 28 orang dirawat di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal kepada wartawan, Senin (23/8) mengatakan, saat ini data aktif Covid-19 di Payakumbuh kembali ada peningkatan, setelah sebelumnya mengalami penurunan.

“Alhamdulillah, meski kasus baru terus ada, namun yang dinyatakan bebas isolasi hari ini cukup banyak yaitu 21 orang. Dalam tiga hari terakhir, kasus positif lebih sedikit dari yang dinyatakan sembuh atau bebas isolasi,” ujarnya.

Dikatakan, penambahan kasus kemarin merupakan tracing yang dilakukan dinas kesehatan Kota Payakumbuh beberapa hari yang lalu, kepada riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif dan hasil swabnya baru keluar.

Dengan masih adanya penambahan kasus baru itu, pihaknya mengimbau dan mengingatkan warga agar tetap dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Dengan menjaga 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas serta tidak lupa untuk melaksanakan vaksinasi.

“Sampai hari ini kita sudah melakukan sebanyak 21.680 tes PCR kepada masyarakat kita. Karena pandemi Covid-19 belum berakhir. Hari ini bertambah lagi yang terkonfirmasi positif, jadi kepada masyarakat tetap waspada dan terus terapkan protokol kesehatan. Mudah-mudahan kasus aktif kita segera turun dan harapan kita untuk kembali kezona aman segera terwujud. Untuk mencapainya, tak bosan kita imbau kepada masyarakat untuk secepanya melaksanakan vaksinasi. Dengan melakukan vaksinasi maka herd immunity itu akan terbentuk, dan masyarakat kita yang komorbid akan bisa terlindungi,” katanya.

Kemudian dr. Bek mengatakan, berdasarkan data Diskes sampai saat ini, perkembangan kasus Covid-19 zona merah tinggal dua kelurahan yaitu Kelurahan Padang Tangah Balai Nan Duo dan Kelurahan Limbukan. Sedangkan untuk zona oranye ada 13 kelurahan, zona kuning 26 kelurahan dan zona hijau hanya enam kelurahan.

“Untuk data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai hari ini adalah suspek sebanyak 0 orang, kasus baru sebanyak 13 orang, total kasus konfirmasi sebanyak 2.503 orang, sembuh sebanyak 2.233 orang, isolasi sebanyak 184 orang, rawat sebanyak 28 orang, meninggal dunia sebanyak 50 orang, KE sebanyak 19 orang, dengan total swab sebanyak 21.680 orang,” pungkasnya. (bule)