Tak Berkategori  

Keberangkatan Haji 2017 Ditutup, Seluruh Kloter Sudah Tiba di Tanah Suci

Ilustrasi (antara foto)
Ilustrasi (antara foto)

MAKKAH – Hari ini merupakan hari terakhir pemberangkatan jamaah haji Indonesia. Dengan demikian, seluruh jamaah sudah tiba di Tanah Suci.

“Closing date pukul 00.00 WIB,” ujar Kepala Daerah Kerja Bandara Arsyad Hidayat, Minggu (27/8/2017).

Menurutnya, meski hari berakhir namun arus lalu lintas jamaah di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi, relatif landai. Sementara cuaca tidak sepanas hari biasanya di atas 40 derajat. “Hari ini hanya 35 derajat,” imbuhnya.

Menurut pengamatan Arsyad, kedatangan jamaah haji Indonesia gelombang 2 tidak terjadi kondisi yang signifikan. Tidak ditemukan jamaah dengan barang bawaan yang aneh.

“Misalnya, membawa rokok dalam jumlah berbugkus-bungkus. Relatif lancar,” ujarnya.

Namun, pihaknya menemukan petugas dari jamaah haji khusus yang tertahan karena membawa obat pribadi. Setelah diurus dan diberikan jaminan bahwa obat tersebut memang ditujukkan bagi kesehatan jamaah, jamaah tersebut bisa membawa masuk obat tersebut ke kota Makkah.

Selain itu, saat pemeriksaan dokumen ada beberapa visa jamaah yang fotonya tertukar. Untung saja PPIH Daker Bandara memiliki sitem yang komperhensif sehingga penyimpanan data jamaah bisa diakses dengan cepat.

“Jadi ada jamaah dengan visanya umrah. Padahal, kan saat ini sudah masuk musim haji. Alhamdulillah PPIH memiliki track record via data jamaah. Jadi semuanya bisa teratasi,” ujarnya.

Kloter terakhir yang diberangkatkan berasal dari Surabaya. Total keberangkatan pada musim haji 2017 adalah sebanyak 512 kloter yang membawa 204 ribu jamaah.

Sebelumnya, PPIH sempat menemukan barang bawaan yang unik mulai dari obat kuat, obat-obatan kedokteran tanpa sepengetahuan dan rokok berdus-dus. (aci)

agregasi okezone1