Kebutuhan Sapi Kurban  di Limapuluh Kota Tembus 4.000 Ekor

Ilustrasi (okezone.com)

SARILAMAK – Kepala Dinas Peternakan Limapuluh Kota Priyadi Budiman memastikan, pasokan dan kuota hewan kurban jelang lebaran idhul adha mendatang, aman.

“Kuota aman, jumlah sapi kurban yang akan disembelih menembus 4.000 ekor. Belum lagi kambing,” kata Priyadi, kepada Singgalang Rabu (15/8) di Limapuluh Kota. Jika diratakan harga sapi Rp15 juta, yang beredar menembus Rp60 miliar.

Jumlah itu kata Priyadi, mirip dengan tahun lalu. “Hampir 4.500 ekor. Tapi data sementara baru 4.000an lebih sedikit,” tukuk Priyadi Budiman. Pihaknya juga menjamin, kesehatan sapi kurban di 79 nagari dan 13 Kecamatan saat ini.

Adapun sapi kurban yang akan disembelih untuk Idhul Adha, diharap Priyadi Budiman, berasal dari peternak lokal di Luak Limopuluah.

Saat ini, harga sapi kurban di pasaran berkisar Rp12 sampai Rp15 juta. Ada juga yang menjual sapi kurban bobot besar, dengan nilai kurban Rp25 juta.

Sejumlah pihak dan wartawan yang memiliki usaha ternak sapi meminta, untuk tahun depan, nantinya distribusi sapi kurban dapat dibantu oleh Dinas Peternakan.

Sementara itu, banyak pengurus masjid dan panitia kurban mencari sapi ke Situjuah Limo Nagari. Di sana, sapi kurban disediakan dengan sistem cek langsung ke kandang.

“Seluruh kuota ternak kami sudah habis tahun ini,” kata Fajar Rillah, salah satu pemilik ternak sapi kurban di Situjuah. (bayu)

Loading...