Tak Berkategori  

Kegiatan Kepramukaan Dihentikan Sementara

PADANG – Gerakan Pramuka Kwartir Nasional menekankan kepada seluruh jajaran pramuka untuk melakukan penghentian sementara semua kegiatan kepramukaan yang melibatkan orang banyak sampai dengan kondisi dinyatakan kondusif.

Penekanan tersebut tertuang dalam surat Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 0104-00-A tertanggal 18 Maret 2020 yang ditandantangi langsung ketuanya, Komjen Pol (Purn), Budi Waseso yang ditujukan kepada para ketua Kwartir Daerah dan Cabang Gerakan Pramuka se Indonesia.

Selain itu, jajaran kepramukaan juga diharapkan untuk tidak berkumpul dalam jumlah yang banyak dan menjaga jarak antara orang per orang guna menghindari kemungkinan penyebaran dan terjangkit virus Corona.

Bagi para pramuka yang diliburkan instansi masing-masing diharapkan membantu program pemerintah guna mengantisipasi penyebaran virus Korona dengan menjaga kebersihan dan kesehatan rumah masing-masing. Sedangkan, para pramuka yang masih beraktivitas di luar rumah untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

Pada surat yang sama Budi Waseso juga menghimbau jajaran Gerakan Pramuka untuk tetap tenang, tidak panik dan tetap mengikuti intruksi dan arahan kepada daerah masing-masing.

Terbitnya surat terkait penghentian sementara semua kegiatan Kepramukaan yang melibatkan orang banyak tersebut merupakan tindak lanjut Surat Edaran Kwartir Nasional Nomor 0093-00-G tertanggal 13 Maret 2020 tentang Gerakan Pramuka Mengantisipasi Merebaknya Virus COVID-19 (Corona) dan sesuai dengan pernyataan pemerintah tentang antisipasi COVID-19. (Hirval)