Tak Berkategori  

Kejagung Diingatkan Tak Kebablasan Selidiki Rekaman Freeport

Kejaksaan Agung (net)
Kejaksaan Agung (net)

JAKARTA – Eks Komisioner Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, Kaspudin Noor, mengingatkan Kejaksaan Agung jangan kebablasan dalam memberikan informasi kasus dugaan rekaman Freeport, mengingat masih tahap penyelidikan bukannya penyidikan.

“Upaya pro aktif dari kejaksaan sangat bagus, tapi ingat penyelidikan itu jangan diekspos atau masih bersifat rahasia,” katanya di Jakarta, Sabtu (5/12).

Penyelidikan itu belum ada pidananya, melainkan serangkaian kegiatan mengumpulkan alat bukti. Kemudian dinilai apa perbuatan itu ada unsur pidananya dan kalau sudah yakin bisa diajukan ke penyidikan.

Seharusnya kejaksaan itu saat ditanya oleh wartawan harus diplomatis menjawabnya bukannya dengan mengumbar seolah-olah kasus itu sudah ke tahap penyidikan.

“Bisa saja kalau sudah diumbar seperti itu, para pelaku kejahatan akan menyembunyikan bukti-buktinya. Jadi lidik itu serangkaian untuk mencari tahu, kata,” pria yang juga akademisi Fakultas Hukum Universitas Satyagama Jakarta itu.

Persoalan lainnya, kasus rekaman itu tidak ada pelapornya melainkan menggunakan data dari laporan di MKD DPR RI, hingga dikhawatirkan kejaksaan mendapatkan tekanan dari masyarakat dari langkahnya saat ini.(aci)

sumber:antara