Tak Berkategori  

Kelompok Pecinta Alam Tangkap Pembalak Liar

Ilustrasi (net)

AROSUKA – Kelompok Pecinta Alam (KPA) Guntala Kabupaten Solok, dan masyarakat Nagari (desa adat) Talang menangkap seorang anggota komplotan pelaku pembalakan liar di kawasan hutan bukit Aia Sicoreh, Solok, Selasa.

” KPA Guntala dan warga Nagari Talang sudah sejak dua bulan terakhir memantau aktifitas kegiatan pembalakan liar tersebut,” kata Wali Nagari Talang Marves Boy Datuk Yang Pituan didampingi Kasi Pembangunan Ferikles dan tokoh pemuda Yoserizal Panduko di Arosuka, Rabu (23/12).

Saat menggerebek lokasi pembalakan liar tersebut kata Marves Boy, KPA Guntala dan warga mengamankan seorang anggota pelaku perambahan hutan secara liar itu berinisial Man (35) yang mengaku warga Kampung Jawa, Nagari Koto Gadang Guguak.

Pelaku Man ditenggarai bertugas sebagai tukang angkat potongan kayu dari lokasi pembalakan liar kearah tepian jalan setapak, untuk kemudian kayu-kayu tersebut akan dibawa menggunakan kendaraan roda empat kelokasi tertentu.

Sayangnya, dua rekan pelaku yang lain, yang juga ikut melakukan aksi pembabatan hutan di lokasi hutan perbukitan Aia Sicoreh itu, berhasil melarikan diri dari kepungan warga yang akan menangkapnya, dengan cara kabur kedalam hutan belantara di kawasan perbukitan yang masih rimba perawan tersebut. (*/lek)

Sumber: antara