Tak Berkategori  

Kemajuan Teknologi Musibah atau Anugerah?

Literasi Digital 2021.(ist)

PASAMAN – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera.

Kali ini webinar dengan temah besar Kemajuan Teknologi Musibah atau Anugerah? kembali hadir di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat pada Sabtu 27 November 2021 yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Empat perubahan global yang kritikal dan stratejik serta menentukan masa depan sektor publik dan swasta. Sebagai berikut disrupsi disemua sektor kehidupan, teknologi informasi dan komunikasi, tenaga kerja millennials atau gen Y dan Z, mobilitas dan fleksibilitas.

Keterampilan yang akan terjadi dari perubahan ialah pemecahan masalah dan pengelolaan. Dan pendekatan yang harus dilakukan yaitu pendekatan teknologi, pendekatan budaya baru, pendekatan workplace, papar Dr. Arie Budhiman sebagai Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara.

Aziza Bila, M.AP Penulis Karya Ilmiah memaparkan basic knowlegde dan rules usaha online. Tips berbisnis online diantaranya temukan masalah yang dihadapi pasar, riset pasar, analisis kompetitor, cari model bisnis, tentukan target pasar, produk apa yang bisa dijual online, buat website, pasarkan produk dengan strategi yang tepat, pertahankan pelanggan setia.

Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Inta Oceania sebagai Presenter dan Musician yang memberikan sharing session, kemajuan teknologi musibah atau anugerah. Manfaat dari Dunia Digital adalah bisa meningkatkan branding, memperluas koneksi, memperkuat bisnis. Literasi Digital ini sangat positif keberadaannya, agar para pengguna jejaring lebih positif dalam bermedia sosial. Oleh karena itu manfaatkanlah dunia digital dengan sebaik-baiknya. Marilah bijak dalam menggunakan internet, agar Indonesia makin cakap digital.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)