oleh

Kemenhub Sediakan 11 Bus Gratis untuk Pulang Basamo

PADANG – Dinas Perhubungan Sumbar memprediksi puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijrah pada 31 Mei 2019. Puncak arus mudik itu diperkirakan karena bertepatan dengan hari libur cuti bersama lebaran.

Ditambah juga dengan banyaknya karyawan yang mendapatkan tunjangan hari raya (THR) sehingga banyak yang bisa segera pulang ke kampung halaman masing-masing.

Saat arus mudik diprediksi terjadi lonjakan arus lalulintas di Sumatra Barat. Sedangkan untuk arus balik sendiri diperkirakan pada 9 Juni 2019. Karena besoknya akan kembali memasuki hari kerja.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Heri Nofiardi mengatakan untuk melayani pemudik asal Sumbar, dari Kementerian Perhubungan di pusat menyediakan 11 bus untuk membawa lebih kurang 438 pemudik asal Sumbar dari Jakarta ke Padang.

“Itu informasinya akan naik startnya di Monas, dengan tujuannya Padang. Kita juga lagi konfirmasi sama kota Padang dimana mau diturunkan karena Padang sendiri kan terminal sudah tidak ada lagi, di GOR Haji Agus Salim kita turunkan atau dimana tempat yang lapang lah,” kata Heri, Kamis, (23/5).

Dikatakannya akan ada ribuan kendaraan yang memasuki wilayah Sumatra Barat pada saat arus mudik nantinya. Ia memprediksi akan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Penyebab kenaikan pemudik juga ditambah dengan banyaknya organisasi perantau yang akan pulang basamo. Menurut Heri dari catatan Biro Rantau ada 15 komunitas perantau Minang yang akan bergerak pulang basamo ke Sumbar. (yose)

 

News Feed