Tak Berkategori  

Kementerian Perdagangan Rehab Pasar Lumindai Sawahlunto

SAWAHLUNTO – Kementerian Perdagangan akan membangun pasar rakyat di kawasan Desa Lumindai, Kota Sawahlunto pada April 2016 ini.

“Pembangunannya didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perdagangan sebesar Rp1 miliar lebih untuk membangun baru los pasar type B serta kelengkapan fasilitas umum dan sosial lainnya di pasar tersebut,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Pertambangan, Industri, Perdagangan, Tenaga Kerja dan Koperasi (Perindagkopnaker) Sawahlunto, Gustaf, Sabtu (26/3).

Saat ini kondisi bangunan pasar yang ada sudah tidak mampu lagi menampung populasi pedagang yang mencapai 100 orang pada setiap hari pasar.

Sementara itu posisi desa yang berada cukup jauh dari pusat perdagangan cukup menyulitkan masyarakatLumindai untuk berbelanja memenuhi kebutuhan rumah tangga masing-masing.

Saat ini seluruh persiapan pembangunan sedang dilaksanakan pihaknya bersama dinas terkait lainnya, meliputi perencanaan lokasi, desain bangunan, legalitas lahan dan lain sebagainya sebelum kegiatan tersebut dilelang secara terbuka kepada pihak rekanan.

“Direncanakan kegiatan pembangunan sudah bisa terlaksana pada April 2016,” ujar dia.

Pihaknya memperkirakan, setelah pasar tersebut beroperasi akan dapat meningkatkan perputaran uang di daerah itu, karena kondisi pasar tersebut semakin nyaman dan representatif, sehingga mampu memancing minat masyarakat pembeli serta pedagang untuk bertransaksi di pasar tersebut.(aci)

sumber:antara