Kendaraan di Padang Jalani Uji Emisi

Pjs. Walikota Padang Alwis saat uji emisi kendaraan. 9syawaldi)

PADANG – Komitmen Pemerintah Kota (Pemko) Padang dalam mengendalikan pencemaran udara telah tampak dan dirasakan bagi Kota Padang hingga saat ini.

Hal itu dipertegas berdasarkan hasil Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) yang telah membuahkan penghargaan “Kota Langit Biru” (kualitas udara daerah yang dinilai bersih-red) oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI sejak 2013, 2014 dan 2016 yang lalu.

Terlebih, penghargaan bergengsi Piala Adipura pun di tahun 2017 berhasil diraih Kota Padang setelah delapan tahun menanti. Dan itu tak terlepas dari kegiatan uji emisi kendaraan bermotor yang dilakukan secara berkesinambungan.

Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Alwis mengatakan, salah satu upaya dalam mewujudkan komitmen tersebut yaitunya melalui pengujian emisi bagi kendaraan bermotor roda empat secara berkala dan berkesinambungan. Sehingga dengan itu dapat diketahui tingkat emisi gas buang setiap kendaraan di samping menganalisis dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memelihara kendaraannya demi meminimalisir polusi udara di Kota Padang.

“Kegiatan uji emisi ini merupakan bentuk komitmen Pemko Padang bersama masyarakat dalam upaya mempertahankan kualitas udara agar selalu baik dan terjaga di kota ini. Sehingga pencemaran udara bisa dikendalikan, apalagi mengingat perkembangan jumlah kendaraan yang semakin meningkat disertai kemajuan kota,” sebut Alwis. (syawal)

Loading...
BAGIKAN