Tak Berkategori  

Keributan Saat Pelepasan Atlet Dipicu Masalah Pencairan Anggaran

Ricuh usai acara pelepasan atlet di Aula Kantor Gubernur (ist)

PADANG – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Bustavidia membenarkan adanya isiden ‘adu jotos’ pada saat melepas atlet, Jumat (25/10) malam.

Menurutnya kejadian itu diawali salah paham pengurus KONI Sumbar, Fazril Ale. Dia menduga ada upaya Dispora melambatkan pencairan anggaran Porwil Sumbar ke Bengkulu. “Mereka itu salah paham, tidak mengerti. Kita sudah janjikan selesai Senin, besok, masih disampaikannya juga pada pak Wagub,” sebutnya.

Bahkan katanya, Wakil Gubernur Nasrul Abit saat melepas atlit sudah menjelaskan terkait anggaran tersebut. Namun, mereka dari KONI tidak mengerti juga. “Menggunakan anggaran itu tidak bisa main cepat saja, kita harus ikut peraturan,” tegasnya Sabtu (26/10).

Menurutnya, anggaran Porwil hibah diperoleh sebanyak Rp15 miliar di APBD perubahan. Namun, KONI baru mengajukan pada 24 Oktober 2019. “Hanya satu hari surat mereka masuk, tapi sudah mendesak, dikatakan pula sengaja melambatkan,” ujarnya.

Untuk itu, Bustavidia mengaku akan tetap sesuai aturan dalam penggunaan anggaran. “Ini pertanggunjawabnnya juga ada pada kita,”ulasnya.

Soal adu jotos tersebut menurutnya diserahkan pada kedua yang terlibat.”Kalau mereka ngotot kami akan lanjutkan, tapi mestinya tidak. Ini sudah selesai,” ulasnya. (yose/yuke)