Tak Berkategori  

Kerusahan di Wamena, Pemuda Sumbar Dorong Pemerintah Segera Bertindak

Ketua KNPI Sumbar Fadly Amran bersama sejumlah tokoh pemuda (ist)

PADANG – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Barat prihatin dengan kerusuhan di Wamena, Papua dan mendesak pemerintah segara mencarikan solusi permasalahannya.

“Kita prihatin dan berdoa untuk masyarakat yang menjadi korban di Wamena,” ujar Ketua KNPI Sumbar Fadly Amran di Padang, Rabu (2/10).

Fadly yang didampingi Ketua MPI Sumbar Defika Yufiandra, Ketua Karang Taruna Sumbar Mahdianur Musa, Sapma PP Sumbar Anggiatman, tokoh pemuda Sumbar Yuda Putra, dan pengurus KNPI kabupaten/kota berharap pemerintah hadir dan memberikan solusi dalam memberikan rasa aman pada masyarakat yang ada di Wamena.

“Kami yakin pemerintah melalui penegak hukum punya strategi dalam menentukan dan mengambil setiap kebijakan yang dilakukan, tetapi harus fokus dan disegerakan.

“Kita menyerahkan kebijakan pada pemerintah pusat. Kita yakin itu. Namun kita mendorong, pemerintah mencarikan solusi yang terbaik. Karena ini sudah menjadi berita duka nasional,” ujar Fadly yang juga menjabat Walikota Padang Panjang ini.

Wakil Ketua KNPI Sumbar, Bidang Hukum dan HAM, Mahdiyal Hasan menambahkan, KNPI akan siap memberikan masukan dan ide dalam menyelesaikan persoalan itu.

Mahdiyal yang juga Ketua TIDAR Sumbar itu berharap, pemerintah dapat menyelesaikan persoalan hingga ke akar permasalahan.
“Kita tentu tidak ingin pemerintah menyelesaikan persolan ini setengah-setengah. Sebagai pemuda, jangan kita melihat persoalan ini dari satu sisi saja,” ungkapnya.

Beriringan dengan penggalangan dana yang dilakukan pemerintah provinsi dan perantau, guna meringankan kesulitan para perantau yang ada di Wamena, KNPI juga tengah melakukan penggalangan dana. KNPI Sumbar berharap, kejadian tersebut merupakan kejadian yang terakhir, dan siapa saja masyarakat yang berada di Papua tidak hanya perantau Minang, dalam kondisi yang aman dan terlindungi. (arief)