Tak Berkategori  

Kesiapan Masyarakat dalam Menghadapi Transformasi Digital

Literasi Digital 2021.(ist)

PADANG PARIAMAN – Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang digagas Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kembali digelar di Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat pada Kamis, 21 Oktober 2021.

Webinar yang dimulai pukul 09.00 WIB itu membahas tentang Kesiapan Masyarakat dalam Menghadapi Transformasi Digital bersama para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang drummer yang akan ikut berpartisipasi.

Transformasi digital telah memberi dampak pada interaksi sosial, salah satunya terhadap masyarakat.

Menurut Tresna Wati, sebagai Front Office Teacher, menjelaskan masyarakat digital sebagai gambaran keadaan masyarakat dimana pola interaksinya sangat dipengaruhi oleh keberadaan jaringan teknologi informasi dan komunikasi. Mereka terhubung antar manusia yang terjadi melalui teknologi dengan memanfaatkan jaringan internet dan media atau platform tertentu.

Terdapat pilar utama masyarakat digital seperti citizenship, lifestyle, dan commerce. Namun, saat ini saat ini digital skills menjadi hal penting sekali untuk melakukan transformasi digital. Di masa depan yang akan mendatang untuk orang yang memiliki kemampuan digital skills  akan dibutuhkan dari berbagai perusahaan sebagai tenaga kerja integrasi teknologi, Hal itu dibarengi dengan kemampuan menganalisis, kreatif, dan inovatif.

Tidak bisa dipungkiri jika kemajuan teknologi masa kini berkembang sangat pesat di era revolusi industi 4.0 terjadi banyak perubahan-perubahan teknologi digital di berbagai bidang kehidupan manusia.

Jika memiliki kemampuan digital skills banyak sekali peluang pekerjaan yang didapatkan untuk menghadapi transformasi digital seperti big data specialist, artificial intelligiance, machine learning specialist, UI/UX designer, dan social media specialist.

Maka dari itu, bangun digital skills sekarang dari proses pemula hingga mahir untuk masa depan yang lebih baik dalam tranformasi digital saat ini yang sedang dikembangkan. Sebagai pengguna digital penting sekali memiliki ide kreatif dan mengatur waktu sebaik-baiknya agar digitalisasi saat ini berguna bagi kehidupan.

Transformasi digital lainnya yang dihadapi masyarakat saat ini yakni terkait proses dalam bekerja dan usaha yang terus ditingkatkan di masa pandemi yang masih berangsur.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)