Tak Berkategori  

Kodim 0309/Solok Lakukan Tanam Perdana  di Sawah Baru

Pabung Solsel, Mayor (Inf) I Nyoman, bersama jajaran Dinas Pertanian Solsel, Pemerintahan Kecamatan Sangir Jujuan dan lainnya melakukan tanam perdana di lahan cetak sawah baru miliki kelompok tani Payung Sekaki. (Afrizal Amir)
Pabung Solsel, Mayor (Inf) I Nyoman, bersama jajaran Dinas Pertanian Solsel, Pemerintahan Kecamatan Sangir Jujuan dan lainnya melakukan tanam perdana di lahan cetak sawah baru miliki kelompok tani Payung Sekaki. (Afrizal Amir)
PADANG ARO – Dalam rangka kepedulian  serta peran serta TNI, khususnya Kodim 0309/Solok, mendukung ketahanan pangan di Solok Selatan, Senin (18/12) lalu telah turut ambil bagian melaksanakan kegiatan penanaman padi perdana di lokasi cetak sawah baru.
Pabung Solsel, Mayor (Inf) I Nyoman atas  nama Dandim 0309/Solok, kepada Singgalang, Selasa (19/12), menjelaskan, kegiatan penamanam perdana padi kemaren itu dilakukan dilahan cetak sawah baru, Kelompok Tani (Poktan) Payung Sekaki dengan luas hamparan, 10 Ha.
Lahan cetak sawah baru ini baru selesai dibangun oleh Dinas Pertanian Solok Selatan Tahun Anggaran 2017.
Kegiatan tanam perdana dengan varietas jenis Bakwan, di lahan kelompok tani yang terletak di Jorong Koto Ranah Nagari Padang Limau Sundai Kecamatan Sangir Jujuan turut dihadiri Kadis Pertanian Solsel diwakili Kabid PSP, Ari, Kepala UPTD Pertanian Sangir Jujuan Bapak Azwarman, Wali Negari Padang Limau Sundai diwakili Sekna.  PPL Padang Limau Sundai, Ali .B, Ketua Kelompok Tani  dan Anggota Pok Tani Payung Sekaki serta beberapa anggota Koramil 0309-12/Sangir.
Ditambahkan, I Nyoman Putuyasa, kegiatan ini sebagai salah satu upaya TNI dalam mendukung program ketahanan pangan nasional, dalam rangka swasembada pangan.
Wilayah Sangir Jujuan, Solok Selatan pada dasarnya cocok untuk pembangunan usaha tanaman padi berkualitas. Untuk itu, melalui penanaman padi perdana, diharapkan agar sawah yang dicetak ini tidak ada yang dialihfungsikan.
Kadis Pertanian, sebagaimana dikatakan Ari, mengharapkan petani agar semakin giat dalam hal pertanian, sehingga nantinya hasil dari pertanian dapat memberi kesejahteraan petani yang ada di Solsel, muaranya Serjahtera dan religius yang diusung bupati dan wakil bupati saat ini betul-betul terimplementasikan. (af)