oleh

Komisi Informasi Anugerahkan 113 Penghargaan Bagi Sejumlah Tokoh, Badan Publik dan Parpol

PADANG – Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat menganugerahkan 113 penghargaan kepada sejumlah tokoh Sumbar, badan publik dari pemerintahan dan partai politik. Penghargaan diserahkan langsung Komisioner Bidang Kelembagaan KI Pusat Cecep Suryadi di Kriyad Bumiminang, Padang, Jumat (6/12).

Penghargaan diberikan pada 11 kategori, yaitu Achievement Motivation Person, OPD, instansi vertikal, kabupaten/kota, BUMN/BUMD, partai politik, SMA/SMK/MAN, Nagari/desa, Bawaslu kabupaten/kota, KPU kabupaten/kota dan perguruan tinggi negeri/swasta.

Penghargaan katogori Achievement Motivation Person diberikan kepada 15 tokoh Sumbar yaitu Irwan Prayitno, Khairul Jasmi, Nasrul Abit, Alwis, Fakhrizal, Nurnas, Fadli Amran, Sutan Riska, Hendrajoni, Yusnadewi, Afrizal, Amnasmen, Surya Efitrimen, Priyanto dan Ganefri.

Dari seluruh penghargaan itu, sebanyak 13 badan publik dinilai telah terklasifikasi Informatif. Selebihnya ada yang menuju informatif, cukup informatif dan nominator.

Anugerah keterbukaan informasi publik tahun 2019 itu pada kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diberikan kepada RSJ Prof. HB. Saanin yang dinilai Informatif. Sementara itu, 9 penerima lainnya memiliki klasisfikasi menju informatif, cukup informatif dan nominator.

Pada kategori instansi vertikal, perwakilan BPK dan Badan pusat Statistik, Balai Penelitian Buah Tropika (Balitbu) Sumbar dinilai informatif.

Selain itu award juga diberikan pada Kategori kabupaten Kota. Pada kategori ini hanya Pesisir Selatan yang dinilai telah memiliki klasifikasi nilai Informatif.

Pada kategori BUMN/BUMD, dari enam penerima penghargaan belum satupun yang memiliki klasifikasi informatif. Catatan serupa juga terjadi pada kategori KPU Kabupaten/Kota (10 pnerima penghargaan), Kategori Bawaslu Kabupaten/Kota (10 penerima) yang belum satupun memiliki klasisfikasi informatif yang ada baru Cukup informatif dan nominator.

Untuk kategori partai politik, DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumbar merupakan satu-satunya dari 11 penerima penghargaan yang telah memiliki klasisfikasi nilai informatif.

Pada 11 penerima penghargaan kategori SMA/SMK/MAN, tiga sekolah dinilai telah memiliki klasifikasi informatif yaitu SMAN 3 Padang, SMAN 2 Payakumbuh, SMKN 3 Pariaman.

Pada Kategori Nagari dan desa, dari 10 penerima penghargaan, nagari Tj. Haro Sikabu-kabu PD. Panjang, Kabupaten Limapuluh Kota satu-satunya yang memiliki klasisfikalsi Informatif.

Pada kategori perguruan tinggi negeri dan swasta, tiga perguruan tinggi tercatat memiliki klasifikasi informatif. Perguruan tinggi itu adalah UNP, Isi Padang Panjang dan Politeknik Negeri Padang.

Komisioner Bidang Kelembagaan KI Pusat Cecep Suryadi dalam kegiatan itu mengatakan bahwa semua harus menjaga dan mengembangkan sistem layanan informasi.

“Ke depan, kita berharap dengan menjaga dan mengembangkan sistem informasi maka informasi sebagai ujung tombak kehidupan akan lebih bisa lagi dinikmati masyarakat dan informasi kepada masyarakat bisa benar-benar terjamin,” ungkapnya. (rahmat)

Loading...

Berita Terkait