Tak Berkategori  

Komplotan Maling Diringkus, Satu Pelaku ‘Didor’ Saat Berusaha Kabur

BUKITTINGGI – Tiga tersangka pencurian dan jambret yang diduga sering beraksi di Bukittinggi dan Kabupaten Agam behasil diringkus polisi, Rabu (8/1). Mereka ditangkap di beberapa tempat dan waktu berbeda.

Komplotan ini ditengarai sering melakukan pencurian dengan cara berputar-putar sekitar Bukittinggi, bahkan juga sering melakukan penjambretan.

Kapolres Bukittinggi melalui Kasat Reskrim AKP Chairul Amri Nasution menjelaskan ketiga tersangka yakni RY (30) warga Pauh, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, RA (25) warga Tarok Bukittinggi dan R (41), warga Gurun Aua Bukittinggi.

Dari catatan kepolisian, RY merupakan resedivis. Pernah melakukan pencurian beberapa tahun lalu. Penangkapan di rumahnya daerah Pauh cukup dramastis, Rabu sekitar pukul 03.30 WIB. RY berusaha melarikan diri dan tepaksa dilumpuhkan dengan timah panas yang bersarang di kaki kirinya.

Setelah RY diringkus oleh jajaran Polres Bukittinggi dan Polsek Bukittinggi, ia langsung dilakukan pengembangan dan berhasil ditangkap kompolotannya yaitu RA dan R sekitar pukul 09.00 WIB di rumah masing-masing.

Pengakuan ketiga tersangka, menjadi otak pencurian tersebut RY dengan lokasi di dua tempat di Kabupaten Agam dan dua lokasi di dalam Kota Bukittinggi pada beberapa bulan lalu.

Polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit televisi dan speaker serta satu linggis yang biasa digunakan pelaku untuk mencongkel pintu tempat pencuriannya. (yanti)