padang

Kontes Ayam Kukuk Balenggek Pecahkan Rekor Dunia di Penas Tani

×

Kontes Ayam Kukuk Balenggek Pecahkan Rekor Dunia di Penas Tani

Sebarkan artikel ini
Ayam kukuk balenggek yang merupakan plasma nutfah Sumatera Barat. (foto: ant)

PADANG – Kontes Ayam Kukuk Balenggek yang digelar Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam rangkaian Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI, memecahkan rekor dunia kontes ayam hias terbanyak.

“Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) wajib mengklaim ini adalah rekor dunia. Karena, Ayam Kukuk Balenggek hanya ada di Indonesia dan plasma nutfah Sumatera Barat,” kata Direktur MURI, Awan Rahargo di Padang, Minggu (11/6).

Ia mengatakan, sebelumnya untuk kontes ayam terbanyak itu pernah ada pada 2013 di Gresik, dengan jumlah 467 ekor ayam hias. Saat itu, jenis ayam yang dikonteskan adalah ayam ketawa.

“Hari ini pada Penas Tani 2023, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar menggelar kontes Ayam Kukuk Balenggek sebanyak 939 ekor. Semoga jenis ayam ini makin go international dan dikenal oleh masyarakat dunia,” katanya.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian, Nasrullah mengatakan Indonesia harus bangga, karena plasma nutfah Indonesia mampu menembus rekor dunia.