KPU Kab. Solok Bakar 5.973 Lembar Surat Suara Rusak  

Komisioner KPU Pab. Solok bersama petugas kepolisian, kejaksaan dan panwas setempat memusnakan ribuan surat suara yang rusak dengan cara membakar, Selasa (8/12). (rusmel)
Komisioner KPU Pab. Solok bersama petugas kepolisian, kejaksaan dan panwas setempat memusnakan ribuan surat suara yang rusak dengan cara membakar, Selasa (8/12). (rusmel)

AROSUKA – Di hadapan aparat kepolisian dan kejaksaan negeri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok memusnahkan ribuan surat suara yang dinyatakan rusak dari hasil sortiran yang dilakukan petugas KPU setempat.Pemusnahan surat suara yang rusak dengan cara membakar semua kertas pemilihan kepala daerah itu berlangsung sekira pukul 18.00 WIB, Selasa (8/12) sore,  di halaman kantor KPU setempat di Kotabaru.

Komisionir Divisi Publikasi (Kordivpub) Jons Manedi usai kegiatan tersebut menjelaskan, kelebihan surat suara yang ikut dimusnahkan berjumlah 5.973 lembar surat suara. Jumlah ini  merupakan rekapitulasi dari  surat suara pemilihan Gubernur yang rusak sebanyak 2.530 lembar dan berlebih sebanyak 55 lembar.

Sedangkan surat suara untuk pemulihan Bupati dan wakil bupati, terjadi kerusakan surat suara sebanyak 3.328 lembar dan kelebihan surat suara sebanyak 60 lembar

Menurut Jons, pemusnahan ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dengan tidak adanya hal yang ditutupi dari tahapan pelaksanaan pilkada Kab. Solok. Selain itu, pihaknya lebih ingin menumbuhkan suasana kondusif menjelang Pilkada dengan menghindari dugaan dan indikasi  kecurangan.“ Sesuai tahapan dan tujuan pemusnahan surat suara yang rusak dan berlebih ini untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa KPU  tidak berpihak dan dan mentaati azas transparansi” tuturnya.

Selain Komisionir Divisi Publikasi (Kordivpub) Jons Manedi, ikut melakukan pemusnahan surat suara ini Panwaslu Kab Solok, Komisionir KPU lainnya  Yuli Haryadi, Ir. Gadis dan sekretaris KPU Efrizon. (rusmel)

 

Loading...