Tak Berkategori  

KPU Solok Selatan Verifikasi Ijazah Para Calon Peserta Pilkada

Ilustrasi. (*)
Ilustrasi. (*)

PADANG ARO – KPU Solok Selatan melakukan verifikasi terhadap ijazah para calon kepala daerah yang sudah mendaftar.

“Kami sedang melakukan verifikasi ke sekolah asal para calon kepala daerah untuk memastikan ke asliannya,” kata Ketua KPU setempat, Isyuliardi Maas didampingi Komisioner Bidang Teknis Nila Puspita.

Petugas kini masih melakukan verifikasi dengan mendatangi langsung sekolah atau universitas sesuai dengan ijazah yang diberikan oleh calon.

“Untuk syarat calon semuanya sudah lengkap dan petugas sedang melakukan verifikasi ijazah para calon,” jelasnya.

Sementara itu salah seorang calon wakil bupati melalui jalur perseorangan Fachril Murad mengatakan, KPU seharusnya melakukan verifikasi ijazah ini sejak tingkat bawah dan tidak hanya ijazah terakhir.

“Sebaiknya pengecekan dilakukan kepada semua ijazah dan tidak hanya ijazah terakhir saja sehingga semuanya jelas dan asal-usul pendidikannya juga jelas,” katanya.

Saat melakukan verifikasi sempat terjadi kesalahpahaman oleh KPU dimana fotokopi legalisir ijazah yang dibawa KPU kurang jelas.

“Karena mereka hanya membawa fotokopi legalisir ijazah sehingga kurang jelas dan kemudian mereka menghubungi saya sehingga saya bawakan ijazah asli untuk diperlihatkan pada KPU,” katanya.(*/aci)