HeadlinePolitik

KPU: Surat Suara yang Dikirim PPLN Taiwan Tidak Sah

×

KPU: Surat Suara yang Dikirim PPLN Taiwan Tidak Sah

Sebarkan artikel ini
KPU RI saat memberikan keterangan pers. (ist)

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan bahwa surat suara Pemilu 2024 yang dikirim oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei, Taiwan, dianggap tidak sah untuk perhitungan suara karena melanggar aturan yang telah ditetapkan. Pelanggaran terjadi karena pengiriman surat suara tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU.

“Pengiriman surat suara oleh PPLN Taipei tidak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Peraturan KPU nomor 25/2023,” ujar Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, dalam konferensi pers di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (26/12).

Menurut aturan KPU, surat suara seharusnya baru dikirimkan ke PPLN Taipei pada rentang waktu 2-11 Januari 2024. Total 175.145 surat suara seharusnya dikirimkan oleh PPLN kepada pemilih.

Baca Juga:  KPU Padang Temukan Caleg Ganda

Namun, PPLN Taipei telah mengirimkan surat suara kepada pemilih secara bertahap mulai tanggal 18 Desember 2023 hingga 25 Desember 2023. Sebanyak 31.276 surat suara sudah didistribusikan, termasuk dalam video yang viral. Surat suara tersebut dianggap rusak dan tidak sah untuk dihitung.

“Surat suara yang dikirim kepada pemilih, baik untuk Pemilu Presiden (Pilpres) maupun Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil DKI 2, sebanyak 31.276 lembar pada 18 Desember dan gelombang kedua 25 Desember, kami nyatakan rusak dan tidak diperhitungkan dalam formulir C. Hasil LN-pos,” jelas Hasyim.