Tak Berkategori  

KSPI Gagas Pendirian Partai Buruh

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

JAKARTA – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggagas pendirian partai politik buruh sebagai upaya mewujudkan negara sejahtera, khususnya bagi buruh, petani, nelayan, guru honorer, dan mahasiswa.

“Di negara demokrasi ini, harus ada sebuah kekuatan alternatif yang bisa menjadi pilihan dari berbagai ‘warna’ yang telah ada dan umumnya dikuasai para oligarki,” ujar Presiden KSPI, Said Iqbal.

Ia memaparkan tiga langkah yang akan dilakukan untuk membangun parpol buruh. Pertama, pendidikan politik yang akan diajarkan terus menerus dengan membangun basis konstituen di kalangan buruh, petani, nelayan, guru honorer, dan mahasiswa.

Kedua, membangun pengorganisasian massa yakni organisasi masyarakat bernama Rumah Rakyat Indonesia yang akan dideklarasikan bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional, 1 Mei mendatang.

Ketiga, pendeklarasian partai yang ditargetkan pada 1 Mei 2017.

Said mengaku optimistis dalam satu tahun akan mampu menyatukan dukungan dari berbagai elemen buruh di seluruh Indonesia.

Untuk bisa mengikuti pemilu yang mensyaratkan keanggotaan di 34 provinsi, KSPI telah memiliki anggota di 28 provinsi selain Bangka Belitung, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, DIY, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

Konfederasi buruh itu juga telah memiliki basis anggota di 200 kabupaten/kota dan di sekitar 45 ribu kecamatan.

Sedangkan untuk pendanaan, Said mengatakan akan menggunakan sistem iuran bulanan oleh para anggota.(aci)

sumber:antara