Kunjungan ke Rutan Kembali Dibuka

Rutan Klas IIB Anak Air, Padang (ist)

PADANG – Hampir selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19, kunjungan keluarga warga binaan di Rutan Kelas IIB Padang ditutup, akhirnya kembali, Senin (4/7/2022).

Ratusan keluarga warga binaan, berbondong-bondong datang ke Rutan Padang untuk membesuk keluarga mereka.
Untuk kunjungan sendiri pihak Rutan Padang memberlakukan syarat, adanya vaksin ketiga, keluarga inti dan maksimal kunjungan sendiri hanya diperbolehkan selama 15 menit.

“Para keluarga warga binaan sendiri dalam satu minggunya hanya diperbolehkan berkunjung satu kali dalam seminggu,” kata Kepala Rutan Padang Muhammad Mehdi.

Dibukanya kembali jam kunjungan untuk keluarga warga binaan ini katanya, setelah adanya surat dari Dirjenpas Kementerian Hukum dan HAM.

“Namun sejumlah persyaratan harus diberlakukan oleh pihak rutan karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Suasana haru pun mewarnai kunjungan hari pertama dibukak nya jadwal kunjungan untuk para keluarga warga binaan, hampir selama tiga tahun para keluarga warga binaan tidak bertemu dengan keluarga yang berada didalam rutan Padang dan akhirnya ketemu secara tatap muka.

Pemeriksaan demi pemeriksaan harus dilakukan oleh pihak rutan kepada keluarga yang berkunjung, guna mengantisipasi masuknya barang yang dilarang masuk yang dibawa oleh keluarga binaan.

Penutupan jam kunjungan selama tiga tahun ini dilakukan akibat Covid- 19 yang melanda Indonesia Berbagai macam upaya dilakukan pihak rutan Padang untuk melayani warga binaan agar bisa berkomunikasi dengan keluarga, seperti hanya diperbolehkan penitipan paket makanan, hingga adanya ruang video call untuk warga binaan. (108)