Tak Berkategori  

Launching Minangkabau Cup III di Hadiri Irman Gusman

Peneyerah piala turnamen Minangkabau cup III.(rahmat zikri)

PADANG – Turnamen kolosal sepakbola terbesar bertajuk Minangkabau Cup (MkC) edisi ketiga resmi di-launching Rabu (11/3) siang oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Hotel Pengeran Beach, Kota Padang. Hadir inisiator turnamen Irman Gusman.

Peluncuran secara resmi MkC III 2020 juga hadir tokoh Minang yang juga kandidat balon Gubernur Sumbar Mulyadi serta Kapolda Sumbar Irjen Pol. Toni Harmanto dan Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria dan Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti.

Dalam sambutannya, Mulyadi yang sering melakukan blusukan ke desa-desa mengakui animo masyarakat bermain sepakbola sangat tinggi. “Sarana lapangan sepakbola yang kurang, tapi kalau animo bermain sepakbola luar biasa,” kata Mulyadi yang juga anggota DPR RI.

Sebelum diluncurkan secara resmi, Ketua Umum Panpel MkC 2020, Tria ‘Ola’ Suprajeni dalam laporannya sangat gembira di MkC ketiga ini hadir inisiator turnamen Irman Gusman.

“Minangkabau Cup ketiga pada tahun ini adalah jawaban kami untuk menjaga komitmen mewadahi ajang yang kompetitif bagi pesepakbola-pesepakbola usia muda di seluruh pelosok Sumatera Barat,” ujar Om Ola –sapaan Tria Suprajeni.

Irwan Prayitno menyatakan salutnya kepada Panpel yang terus berkomitmen dalam menghelat alek sepakbola yang telah diakui oleh MURI itu.

MkC pertama kali bertajuk Irman Gusman. Dihelat pada tahun 2016. Tim jawara Kecamatan Koto Tangah. Setahun kemudian berganti nama Minangkabau Cup (MkC). Kembali Kecamatan Koto Tangah juara.

Di musim 2018/2019, Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto merebut mahkota juara. Di partai final, Talawi menundukan Kecamatan Guguk Kabupaten Limapuluh Kota dengan skor 2-0 di Stadion H. Agus Salim, Padang, Sabtu, 23 Maret 2019.

“Sekitar 5000 pemain dan 1200 ofisial akan kembali terlibat dalam 300 an pertandingan selama enam bulan kedepan. Saya berharap makin kompetitif,” terang Yulius Dede, Direktur Turnamen menambahkan.

MkC III-2020 bakal ditabuh 12 Maret sampai 16 Agustus mendatang. Babak Kualifikasi Zona Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat pada 12 Maret sampai 19 April.

Kemudian, paruh musim 20 April sampai 5 Juni. Putaran Final Zona Provinsi dijadwalkan 15 Juni sampai 16 Agustus.(dede/mat)