Layanan Pindah Memilih di UNP Diserbu Mahasiswa

KPU (net)

PADANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang kembali membuka Pelayanan Pindah Memilih di kampus Universitas Negeri Padang. Ratusan mahasiswa pun antusias mengurus surat pindah memilih (A-5) tersebut.

Padahal, sebelumnya di kampus itu juga telah dilakukan oleh KPU  Padang beberapa waktu lalu. Kali ini KPU kembali membuka layanan pindah memilih dengan bekerjasama dengan Kominfo dalam sebuah event yang diselenggarakan Narasi TV.

Begitu layanan dibuka, KPU Kota Padang yang langsung dibanjiri pengajuan pindah tempat memilih. Mahasiswa yang meminta pindah tempat memilih, sebagaian besar dari mahasiswa tersebut asal luar Sumatera Barat dan Wilayah Kota Padang.

Petugas KPU, Yeliana menyampaikan para mahasiswa yang berasal dari provinsi luar Sumatera Barat yang datang ke stand yang didirikan dalam event tersebut tetap ingin menggunakan hak pilihnya di Padang meskipun nantinya hanya akan mendapatkan 1 surat suara, yakni untuk Calon Presiden-Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres).

“Hal tersebut dilakukan karena waktu libur yang singkat,” ucapnya, Minggu (3/3).

Ada juga mahasiswa yang berdomilisi di luar Kota Padang seperti Solok, Painan, Bukit tinggi, namun minta pindah memilih ke Kota Padang. Nantinya hanya akan mendapatkan 3 surat suara, yakni untuk Capres-Cawapres, DPR RI, dan DPD RI. Mereka tidak berhak mendapatkan surat suara untuk kursi DPRD Kota Padang.

“Dengan pindah memilih, mereka dipastikan tidak akan menyoblos seluruh jenis surat suara pada Pemilu 2019 dan sudah ada sekitar 100 orang lebih yang mengurus pindah memilih di kampus UNP hari ini dan jumlah tersebut akan terus meningkat karena tingginya partisipasi mahasiswa dalam pemilu pada tahun ini,” tambah Yeliana.

Atas penjelasan itu, para mahasiswa menyatakan tidak mempersoalkannya karena yang terpenting bagi mereka ialah dapat menyalurkan hak suara dan ikut berpartisipasi dalam demokrasi Indonesia. (bambang)

Loading...