Tak Berkategori  

Layanan ‘Rumah Kopnuspos Prioritas’ Padang Resmi Beroperasi 

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy didampingi Kepala Kantor Utama Rumah Kopnuspos Prioritas Cabang Padang Raja Indra Kesuma saat menyerahkan simpanan berjangka kepada anggota Kopsnuspos usai peresmian Rumah Kopnuspos Prioritas Cabang Padang, Senin (26/4). (ist)

PADANG – Layanan Rumah Koperasi Nusantara Pos (Kopnuspos) Prioritas Cabang Padang yang berlokasi di Jalan Ujung Gurun, Kelurahan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang secara resmi dibuka Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Senin (26/4).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengharapkan kehadiran Rumah Kopnuspos Prioritas dapat berperan membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Sementara itu, Kepala Kantor Utama Rumah Kopnuspos Prioritas Cabang Padang, Raja Indra Kesuma menjelaskan Kopnuspos adalah produk layanan hasil kerjasama antara KSP Nusantara (Kopnus) dengan PT Pos Indonesia (Persero) dalam menciptakan produk Simpanan dan Pinjaman Kopnuspos.

“Kami sepakat melakukan ekspansi bisnis simpanan berbasis digital sebagai bentuk dukungan terhadap program pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang inklusif,” ungkapnya kepada wartawan usai peresmian.

Dia menambahkan, pembukaan Rumah Kopnuspos Prioritas ini dilakukan untuk meningkatkan jaringan layanan prima bagi anggota Kopnuspos Prioritas di seluruh Indonesia, khususnya di Kota Padang.

“Konsep ‘Rumah’ sengaja dihadirkan, karena koperasi prinsipnya adalah kekeluargaan. Rumah identik dengan keluarga. Jadi nanti siapa pun yang jadi anggota itu merasa seperti di rumah sendiri dan dapat menggunakannya untuk meeting, bekerja, jamuan atau bahkan sekedar berkumpul bersama kerabat,” ucapnya.

“Tetap optimis berkembang dan maju. Kita bisa lihat. Satu-satunya koperasi yang tumbuh di saat pandemi Covid-19 ya Kopnuspos. Jadi masyarakat Kota Padang, ayo simpan, baik simpanan harian maupun simpanan berjangka, bisa di Kopnuspos. Kami jamin aman. Kenapa? Karena kita adalah mitra utama PT Pos Indonesia. Dimana ada PT Pos Indonesia, disitu ada Kopnuspos dan itu tersebar di seluruh Indonesia. Jadi ini akan mempermudah masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut Raja menyampaikan, layanan utama Kopnuspos adalah produk Simpan Pinjam, dimana fasilitas pinjaman diberikan khusus untuk anggota pensiunan ASN dan TNI-Polri yang pembayaran pensiunannya dilakukan di Kantor Pos.

Dalam hal ini Kopnuspos bisa memberikan pinjaman hampir Rp300 juta per pensiunan tergantung usia dan besaran gaji. Proses administasinya pun sangat cepat dibandingkan yang lain.

“Kalau di tempat lain ribet, namun kita cukup tiga berkas dan hanya butuh waktu 10 menit cair. Selain itu nol tunggakan, setiap bulan gaji pensiunan masuk akan dipotong, jadi risiko macet tidak ada,” terangnya.

Ketua Pengawas Kopnuspos Prioritas Joshua Rahmat mengatakan pembukaan Kopnuspos Cabang Padang merupakan kesembilan dari 100 cabang yang akan dibuka. Ini memberikan pilihan kepada masyarakat Kota Padang untuk menabung.

“Kenapa harus di Kopnuspos, karena kita bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Dima Kopnuspos sudah ada 230 cabang sementara PT Pos sudah ada 3.000 cabang di seluruh Indonesia. Bisa dipastikan menabung dipastikan aman,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Anggota Kopnuspos dapat menikmati layanan transaksi keuangan digital melalui aplikasi Kopnuspos yang bisa diunduh melalui Google Playstore untuk pengguna gawai berbasis android dan App store untuk iPhone. Melalui aplikasi ini berbagai layanan seperti pendaftaran anggoata, melakukan simpanan, transfer antar anggota ataupun dengan bank nasional, cek saldo, mutasi, pembayaran tagihan rutin, pajak, BPJS, pembelian pulsa, token listrik dan belanja di berbagai merchant yang sudah terafiliasi dapat dilakukan langsung 24 jam dari genggaman. Layanan Call Center 24 Jam, melalui 15009 juga siap membantu anggota.

Usai pembukaan di Padang, selanjutnya, Rumah Kopnuspos Prioritas dibuka di Palembang, Sumatera Selatan pada 27 April dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada 28 April. (ngo)