Tak Berkategori  

LBB Tegaskan Tidak Ada Desakkan Spin Off PT Semen Padang

PT Semen Padang (net)

PADANG – Lubuk Kilangan Bersatu Bangkit (LBB) menegaskan, organisasi tersebut juga tidak menuntut spin off (pemisahan) PT Semen Padang dari PT Semen Indonesia.

Ketua LBB, Rabain Syukur yang dihubungi, Rabu (22/1) mengatakan, pihaknya berupaya untuk mempersatukan dualisme kepengurusan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan, bukan mendesak spin off.

“Kami berupaya menyatukan dualisme kepengurusan KAN Lubuk Kilangan. Para ninik mamak dan kemenakan harus satu. Tidak ada urusan dengan spin off,” katanya.

Menurutnya, dualisme kepengurusan KAN merugikan nagari. “Kita perlu bersatu dalam memperjuangkan hak-hak dan kompensasi yang ril dari PT Semen Padang,” ulas Rabain.

Sebelumnya Ketua KAN Lubuk Kilangan, Padang, Basri Datuk Rajo Usali menegaskan, pihaknya tak terkait dengan gerakan dari sejumlah pihak yang mendesak spin off.

“Kami hanya memikirkan dan mengupayakan peningkatan ekonomi masyarakat Lubuk Kilangan,” ujarnya didampingi puluhan ninik mamak, pemuda dan anak kemenakan itu di Padang, Rabu (22/1).

Ditegaskannya, sebagai pemilik ulayat perusahaan semen tertua di Indonesia itu, pihaknya tak ada urusan dengan desakan-desakan tersebut. “Kami sebagai pengurus yang sah dan disahkan hingga ke Kemenkumham tidak ingin melawan ke pemerintah. Kami khawatir gerakan-gerakan itu ditunggangi pihak-pihak di luar Lubuk Kilangan,” katanya. (arief)