Lebaran 2019,  Smartfren Menyumbang Traffic Data Terbesar

×

Lebaran 2019,  Smartfren Menyumbang Traffic Data Terbesar

Sebarkan artikel ini
Posko layanan Smartfren diburu oleh pelanggan. (*)

JAKARTA – PT Smartfren Telecom Tbk, selaku operator telekomunikasi di Indonesia, pada Ramadhan dan Lebaran mengalami kenaikan traffic data. Khusus untuk 2019, Smartfren mencatat kenaikan trafik komunikasi melalui layanan streaming dan aplikasi social. Layanan streaming dan juga social media menjadi penyumbang terbesar kenaikan traffic data mencapai media rata-rata 30%.

Sharizan Zaki Pondren, Head of Customer Experience and Analytic Smartfren melalui siaran tertulisnya kepada Singgalang di Jakarta menjelaskan, seperti  diprediksi, Ramadhan dan Idul Fitri 2019, terjadi kenaikan lalu lintas data. Terjadi kenaikan khususnya di layanan streaming video, kemudian yang kedua adalah para pengguna sosial media.

“Kami bersyukur bahwa sepanjang Ramadhan hingga selesainya Lebaran tahun ini, Smartfren sukses dapat melayani dan memberikan kelancaran komunikasi bagi setiap pelanggan, jelasnya.

Baca Juga:  BI: Kebutuhan Uang Tunai Hingga Lebaran Capai Rp125 T

Berdasarkan data yang dimiliki, mobilitas pelanggan Smartfren selama mudik dan hari raya Lebaran paling banyak terjadi di Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang. Adapun terdapat fenomena baru di 2019, terjadi peningkatan arus komunikasi dan data di sepanjang jalan tol trans Jawa.

Namun hal ini telah diantisipasi Smartfren dengan menurunkan 180 mobile bts dan 76 kontainer di sepanjang jalur tersebut. Selain itu, Smartfren juga melakukan monitoring 24 jam X 7 hari dari NOC di seluruh jalur mudik, lokasi publik dan kota tujuan.