Tak Berkategori  

Lebaran, Jadwal Berangkat Kereta Api Padang – Pariaman Diperlambat

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PADANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Drive II Sumatra Barat (Sumbar) akan dimundurkan dari jadwal keberangkatan biasa KAI dari Pariaman ke Padang dan sebaliknya dari Pariaman ke Padang saat Lebaran. Dengan jadwal berangkat sedikit lebih lambat dibanding sebelumnya.

Humas PT KAI Drive II Operasional Sumbar Zainir, Kamis (8/6) mengatakan, ketika Lebaran itu KAI Sumbar hanya melakukan perubahan jadwal. Biasanya itu pada H-2 dan H+13. Karena, waktu itu merupakan padat-padatnya penumpang yang akan melakukan mudik yang menggunakan kereta api.
“Jika biasanya dari Padang berangkat pagi pukul 05.45 WIB akan mundur menjadi 07.30 WIB, lalu dari Pariaman biasanya 06.05 WIB menjadi 06.35 WIB,” katanya.
Dijelaskannya, tarif tiket yang diberlakukan adalah tarif Public Service Obligation (PSO). Karena tarif PSO ditetapkan untuk delapan perjalanan kereta, empat untuk Padang-Pariaman dan empat untuk Pariaman-Padang.
“Tarif tiket kami seperti biasa, hanya Rp5.000. Tarif ini berlaku untuk tujuan Padang-Pariaman atau Pariaman-Padang yang disahkan oleh Departeman Perhubungan,” katanya.
Sedangkan, untuk pemesanan tiket KAI normal, dipesan tiga jam sebelum keberangkatan. PT KAI tidak akan mengoperasikan kereta tambahan. Begitu juga untuk gerbong, tidak ditambah. Jika mengadakan kereta tambahan, tarif normal tidak bisa diberlakukan, karena PSO yang telah ditetapkan untuk delapan perjalanan kereta, empat untuk Padang-Pariaman dan empat untuk Pariaman-Padang.
Penjualan tiket KAI normal, dipesan tiga jam sebelum keberangkatan. Tiket yang dijual sesuai peraturan yang berlaku, tidak ada campur tangan calo.  (yose)