Tak Berkategori  

Lebih Aman Terproteksi dengan Asuransi Kesehatan untuk Keluarga dari CekAja

Ilustrasi. (cekaja.com)

SEDIA  payung sebelum hujan. Sedia proteksi kesehatan sebelum sakit datang. Karena penyakit bisa tiba kapan saja. Asuransi kesehatan untuk keluarga menjadi hal penting untuk saat ini.

Pepatah juga mengatakan, ingat sakitmu di saat sehatmu. Artinya, jangan terlena di saat sehat. Jangan hambur-hamburkan uang untuk kesenangan sesaat. Sisihkan juga sebagian pendapatan untuk proteksi kesehatan karena biaya berobat yang semakin mahal.

Bahkan, sekalipun sudah memiliki asuransi kesehatan melalui BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan, namun tetap penting untuk mempertimbangkan memiliki asuransi kesehatan lain, jika memungkinkan. Karena, asuransi kesehatan dapat menjadi pelengkap bila ada biaya yang tidak ter-cover oleh BPJS Kesehatan.

Mengenal Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan anggota asuransi jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Asuransi kesehatan akan meng-cover biaya perawatan, baik rawat inap maupun rawat jalan termasuk obat-obatan selama peserta asuransi sakit ataupun dirawat akibat kecelakaan.

Namun, penting untuk memastikan poin-poin biaya asuransi yang di-cover saat memutuskan untuk ikut asuransi kesehatan. Sebab, beberapa asuransi kesehatan hanya meng-cover biaya selama rawat inap di rumah sakit dengan nominal pertanggungan yang relatif kecil.

Pentingnya Asuransi Kesehatan

Ada kisah tentang seorang teman yang beberapa waktu lalu sempat panik karena ibunya tiba-tiba jatuh dan langsung terkena stroke. Tak ada yang menyangka karena paginya sang ibu masih beraktifitas seperti biasa. Kondisinya pun langsung koma hingga harus dibawa ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut.

Ironisnya, ia belum sempat menyediakan satupun asuransi kesehatan bagi ibunya. Sehingga, sang ibu terpaksa dirawat sebagai peserta umum. Meski pada akhirnya kondisi ibunya tak tertolong, tapi ia menyadari akan pentingnya asuransi kesehatan karena penyakit atau musibah tak bisa diprediksi kapan datang.

Selain ancaman penyakit kronis yang bisa tiba-tiba datang seperti kisah di atas, gaya hidup saat ini harus diakui menimbulkan banyak risiko kesehatan. Mulai dari stres, obesitas, polusi yang mengancam kesehatan dan lain-lain.

Asuransi kesehatan juga penting dimiliki sejak dini. Hal itu karena berbagai faktor seperti masa tunggu suatu produk asuransi, perlindungan menyeluruh, keterkaitan dengan biaya darurat dan lain-lain.

Pentingnya Asuransi Kesehatan selain BPJS Kesehatan

Meski sudah ada BPJS Kesehatan, bagi seorang yang memang mampu secara finansial, penting juga untuk memiliki asuransi kesehatan di luar itu bagi anggota keluarganya. Akan lebih baik lagi jika sejak dini memiliki asuransi kesehatan, seperti saat anak-anak masih kecil.

Kenapa Asuransi Kesehatan selain BPJS Kesehatan juga penting? Itu karena keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga akan lebih baik jika memiliki keduanya agar saling melengkapi dan dapat mengambil manfaat yang ditawarkan. Apalagi, pelayanan pada Asuransi Kesehatan swasta lebih cepat dan tak berbelit-belit. Bisa langsung ke rumah sakit tanpa birokrasi.

Freddy Pielor, praktisi keuangan dan asuransi, dikutip dari situs OJK mengatakan, pekerja formal masih membutuhkan tambahan proteksi lain guna menutupi kebutuhan yang tidak bisa di-cover oleh BPJS Kesehatan. Karena, peserta BPJS harus menanggung kekurangan bila terjadi kelebihan klaim dari yang ditetapkan.

Ia pun menyarankan agar kebutuhan asuransi jiwa atau asuransi kesehatan menjadi produk pertama yang harus dilirik pekerja formal karena bersifat primer. Dengan begitu, kebutuhan kesehatan yang dirasa mahal bisa aman terpenuhi dari asuransi komersial.

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan

Kecepatan, kemudahan dan fleksibilitas. Tiga hal itu menjadi keuntungan utama bagi yang memiliki asuransi kesehatan swasta. Layanan biasanya akan lebih cepat dan pasien bisa langsung ke rumah sakit untuk segera mendapatkan penanganan.

Hampir semua rumah sakit menerima asuransi kesehatan sehingga prosesnya tidak sulit dan cenderung tidak berbelit-belit. Anda bisa memilih berobat ke rumah sakit mana saja dan asuransi akan menanggung semua biaya, meskipun rumah sakit itu tidak memiliki kerja sama dengan asuransi dimaksud. Bahkan, kebanyakan asuransi swasta bisa menanggung pesertanya hingga ke luar negeri.

Keuntungan lainnya, asuransi kesehatan ada yang menyertakan juga fasilitas asuransi jiwa dalam programnya. Sehingga, bila peserta meninggal dunia, maka ahli warisnya akan menerima dana asuransi kematian.

Selain itu, beberapa asuransi kesehatan bisa dilakukan double claim. Dengan demikian, peserta bisa melakukan klaim ke perusahaan asuransi sesuai manfaat asuransi yang diambil, meski untuk pengobatan sudah ditanggung oleh asuransi lainnya.

Hanya saja, ada keterbatasan manfaat, seperti tidak ada rawat jalan, kehamilan, gigi dan optic, larangan pre-exisiting condition bagi yang memiliki penyakit bawaan, terutama usia tua), dan ada plafond manfaat. Karena itu, penting untuk mempelajari terlebih dahulu asuransi kesehatan yang akan dipilih sehingga manfaat yang akan diterima nantinya bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Kemudahan Mengajukan Asuransi Kesehatan Secara Online Melalui CekAja

Di zaman dimana segala sesuatunya bisa dilakukan lewat genggaman tangan saat ini, memilih, mempelajari dan mengajukan asuransi kesehatan, semuanya bisa dilakukan secara online kapan saja dan di mana saja. Dengan mengajukan asuransi kesehatan secara online, Anda akan diuntungkan karena prosesnya jauh lebih praktis dengan informasi yang lengkap dan biaya lebih murah. Calon peserta juga bisa leluasa memilih berbagai produk asuransi yang ditawarkan serta bisa melihat review dari peserta sebelumnya.

Anda bisa mendapatkan informasi dan mengajukan kesehatan secara online lewat website CekAja.com. Berbagai perusahaan asuransi kesehatan ternama di Indonesia tersedia di CekAja.com. Yang penting adalah memperhatikan berbagai hal sebelum mengajukan asuransi kesehatan yang dipilih.

Kesehatan adalah sesuatu yang mahal harganya. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan jauh lebih penting. Namun, penyakit ataupun kecelakaan bisa saja terjadi tanpa diduga. Karenanya, proteksi dalam bentuk asuransi kesehatan penting dimiliki semua orang. Dengan asuransi kesehatan, beban yang berat saat berhadapan dengan biaya pengobatan dan biaya lainnya, akan lebih ringan dihadapi. Apalagi, membandingkan berbagai manfaat asuransi kesehatan dari perusahaan yang berbeda serta mengajukannya kini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tak perlu kemana-mana. Semuanya bisa dilakukan hanya di rumah atau dimana saja melalui CekAja.com. Untuk informasi lebih lanjut bisa cek di https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan. (rn)