oleh

Legenda F1 Niki Lauda Meninggal Dunia

JAKARTA – Pembalap legendaris Formula 1 Niki Lauda telah meninggal dunia pasca operasi transplantasi paru-paru, Senin (20/5) waktu setempat. Hal itu disampaikan keluarga Niki Lauda.

Niki Lauda, ​ salah satu pembalap F1 terbesar, meninggal setelah  sembilan bulan menjalani operasi transplantasi paru-paru.

Niki memenangkan kejuaraan pembalap F1 pada 1975 dan ’77 dengan Ferrari dan lagi di ’84 dengan McLaren. Tapi dia paling terkenal karena tabrakan maut pada 1976 di Grand Prix Jerman.

Lauda mengalami luka-luka dalam kecelakaan itu, tetapi ia membuat pulih dan kembali ke balapan hanya 6 minggu usai kecelakaan.

Kembalinya Lauda yang luar biasa setelah menghindari kematian langsung membuatnya menjadi legenda. Persaingannya di lintasan dengan pembalap Inggris James Hunt diabadikan dalam film “Rush.”

Niki, yang lahir di Austria, memiliki hubungan kerja yang erat dengan juara F1 5 kali Lewis Hamilton . Lauda terlibat ketika Lewis menandatangani kontrak dengan McClaren menjelang musim balap 2013.

“Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengumumkan bahwa Niki tercinta kami telah meninggal dengan damai bersama keluarganya pada hari Senin.” rilis keluarga Niki.

“Prestasinya yang unik sebagai atlet dan wirausahawan adalah dan akan tetap tak terlupakan, semangat tanpa lelah untuk beraksi, keterusterangan dan keberaniannya tetap ada.”

“Seorang panutan dan tolok ukur bagi kita semua, dia adalah suami, ayah, dan kakek yang penuh kasih dan perhatian yang jauh dari publik, dan dia akan dirindukan.” (aci)

News Feed