padang  

Lembaga Pengabdian, Pemerintah Jangan Alergi dengan LPM

Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir, Dt. Rajo Alam, melantik Pengurus DPC LPM Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang masa bakti 2022 - 2027.Ist

PADANG – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah mitra pemerintah. Pemerintah diharapkan jangan alergi pula dengan LPM.

Hal itu disampaikan Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir, Dt. Rajo Alam, pada pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPC LPM) Kecamatan Padang Selatan masa bakti 2022 – 2027 pada Jumat (25/11/2022) di halaman kantor Camat Padang Selatan.

LPM katanya, adalah lembaga yang berisikan tokoh-tokoh masyarakat yang akan menjadi corong informasi kepada masyarakat untuk menyampaikan informasi-informasi yang terkait dengan program pembangunan yang dilakukan pemerintah. LPM juga jadi penyambung lidah masyarakat untuk menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah.

“Jadi sangat keliru kalau pemerintah, baik itu Camat atau Lurah yang alergi dengan keberadaan Lembaga LPM. Mereka adalah mitra kerja Camat dan Lurah. Keberadaanya untuk membantu Camat dan lurah dalam melaksanakan program pembangunan di wilayahnya. Jadi jangan alergi dengan LPM ini.

Lebih lanjut dikatakan, LPM itu adalah pengabdian. Bekerja untuk masyarakat tanpa digaji, tapi tetap bisa berbuat. LPM hanya bertujuan bagaimana proses pembangunan di daerahnya bisa berjalan dan bermanfaat untuk masyarakat.

Jika ada aspirasi dari masyarakat, LPM akan membawa aspirasi tersebut dalam forum-forum musyawarah tingkat Kelurahan atau kecamatan dan tingkat Kota seperti kegiatan musrenbang. Nantinya, LPM juga yang akan melaksanakan dan mengawasi pembangunan tersebut bersama masyarakat.

Itulah perannya lembaga ini yaitu memberdayakan masyarakat dan meningkatkan partisipatif masyarakat untuk pembangunan.

“Salah satu peran dan fungsi LPM adalah memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan partisipatif masyarakat untuk pembangunan di daerahnya. Bersama dengan masyarakat dan seluruh lembaga yang ada di Kelurahan atau di Kecamatan, program pembangunan dilaksanakan secara bergotong royong agar proyek program pemerintah tersebut bisa sukses dilaksanakan,” lanjut.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Amril Amin menyampaikan, menjadi pengurus LPM adalah sebuah pengabdian kepada masyarakat. Lembaga ini memang tidak ada anggarannya, tapi bisa berbuat. Inilah yang membuat LPM ini tetap besar dan keberadaanya sangat dibutuhkan oleh pemerintah.

” Di LPM memang tidak ada gaji yang di dapat. Menjadi pengurus LPM adalah sebuah pengabdian kepada masyarakat. Jika mau mencari duit, jangan menjadi pengurus LPM,” pesannya.

Camat Padang Selatan Jasman, MM mengatakan, bagi pemerintah Kecamatan Padang Selatan keberadaan DPC LPM Kecamatan ini sangatlah dibutuhkan.

Ketua DPC LPM Padang Selatan masa bakti 2022 – 2023, Akhiruddin, S.Pd dalam sambutannya mengatakan, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. (yose)