Tak Berkategori  

Lestarikan Seni, Pemkab 50 Kota Gelar Pekan Budaya

Seperti tahun sebelumnya, sejumlah event kesenian dan kebudayaan bakal memeriahkan pekan budaya Kabupaten Limapuluh Kota 2018 ini. (hendri gunawan)
Seperti tahun sebelumnya, sejumlah event kesenian dan kebudayaan bakal memeriahkan pekan budaya Kabupaten Limapuluh Kota 2018 ini. (hendri gunawan)

SARILAMAK – Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota bakal menggelar pekan budaya 2018 mulai 13 sampai 18 April mendatang. Alek daerah yang akan menjadi event seni dan budaya daerah tersebut, diharapkan dapat menjadi wahana pelestarian nilai-nilai seni dan budaya anak nagari Luak Limo Puluah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota Hj. Indrawati, didampingi Kasi Kesenian dan Nilai Tradisi Dedi Iswandi kepada wartawan di Tanjung Pati, Minggu (1/4/2018) menyebut, festival budaya itu merupakan salahsatu upaya pelestarian sekaligus promosi beragam potensi seni dan budaya.

“Kita berharap event seni dan budaya itu menjadi salahsatu upaya melestarikan dan mempromosikan budaya daerah kita. Tak kalah pentingnya, untuk menggali, membina dan mengembangkan serta menanamkan nilai-nilai budaya terhadap generasi muda,” ujar Indrawati.

Dikatakan, alek daerah itu bakal digelar di komplek kantor bupati di Bukit Limau Sarilamak yang akan dibuka pada Jumat (13/4) siang. Sedangkan seni dan budaya yang diperlombakan antara lain festival randai, lomba tari Minang kreasi, alua pasambahan, talempong pacik, qasidah rebana dan lagu pop Minang, serta lomba baju kuruang basiba tradisi dan modifikasi. (gun)