Tak Berkategori  

Libas AS, Argentina Menuju Final

JAKARTA- Tim Argentina melangkah ke putaran final kejuaraan sepak bola Piala Amerika 2016, setelah melumat tim tuan rumah Amerika Serikat 4-0 pada laga semifinal yang digelar di Stadion NRG Houston, Texas AS, Selasa malam waktu setempat atau Rabu WIB.

Kemenangan Argentina itu, seperti dipantau Antara di Jakarta, sekaligus menjadi peluang bagi Lionel Messi dan kawan-kawan untuk memboyong gelar internasional bagi negeranya setelah gelar terakhir pada Piala Amerika 1993.

La Albiceleste mencetak gol cepat pada menit ketiga lewat sundulan kepala Ezequiel Lavezzi selepas wasit Caceres meniup peluit “kick-off” babak pertama. Gol pemain bernomor punggung 22 itu merupakan buah dari umpang sang kapten Lionel Messi.

Anak-anak asuhan Geraro Martino seakan tidak rela hanya dengan keunggulan satu gol. Setelah beberapa kali Messi gagal menghasilkan gol, pemain penyerang klub Barcelona itu mendapatkan peluang emas saat wasit menghukum Chris Wondolowski pada menit ke-31.

Sepak kaki kiri Messi pada tendangan bebas sukses membobol gawang Bradley Guzan. Sang kiper tidak mampu menepis bola Messi yang melesat ke pojok kanan atas. Argentina unggul 2-0 pada babak pertama.

The Yanks tidak banyak mengubah pola permainan dan seringkali kalah dalam penguasaan bola oleh tim tamunya pada babak kedua. Tim yang diasuh Jurgen Klinsmann itu justru kembali kebobolan untuk ketiga kalinya pada menit ke-50 oleh Gonzalo Higuain.

Bola yang ditembakkan Higuain sempat terbendung oleh Guzan. Tapi, bola malah terlepas dan kesempatan itu tidak disia-siakan pemain depan Argentina bernomor punggung sembilan untuk menambah koleksi golnya pada Piala Amerika.

Permainan tim yang ditunjukkan Argentina kembali menelurkan gol pada empat menit jelang babak kedua usai. Messi tampil tidak egois sebagai pemain depan dan justru mengumpankan bola ke Higuain, meskipun posisi sang kapten itu tepat berada di depan gawang AS.

Pola bermain sebagai tim dalam laga semifinal itu sekaligus menjadi pembuktian Argentina bahwa mereka siap menghadapi siapapun pada laga final, Kolombia atau Chile, di Stadion MetLife East Rutherford New Jersey pada Minggu (26/6) malam waktu setempat (Senin WIB). (*/rahmat)
Sumber:antara