Tak Berkategori  

Liga Inggris Pastikan Gunakan VAR Musim Depan

Liga Inggris (net)

LONDON – Operator Liga Inggris, Premier League memastikan akan menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) mulai musim 2019-2020. Pihak operator dalam waktu dekat akan mengajukan permintaan formal mengenai VAR kepada FIFA dan juga IFAB.

Seruan untuk menggunakan VAR di Liga Inggris sebenarnya sudah muncul sejak beberapa tahun silam. Namun, pihak operator baru memutuskan menggunakan non-live trial atau uji coba tidak langsung pada Liga Inggris 2018-2019.

Perlu diketahui, penggunaan VAR sempat diujicobakan pada sejumlah partai di Piala FA 2018 alias musim lalu. Teknologi terkini yang digunakan oleh Liga Inggris adalah goal line technology atau teknologi garis gawang sejak musim 2013-2014.

Melansir dari BBC, Kamis (15/11), Premier League tetap akan melakukan uji coba tidak langsung tersebut sepanjang musim 2018-2019. Sedangkan pihak klub akan diberi tahu mengenai hasil perkembangan rapat antara pemangku kepentingan secepatnya pada sore waktu setempat.

Sebagai informasi, klub-klub Liga Primer Inggris sempat melakukan pemungutan suara untuk penggunaan VAR pada musim 2018-2019 pada April silam. Namun, sebagian besar klub menolak dengan alasan yang tidak diungkap.

“Saya pikir itu adalah hal yang baik. Saya tahu banyak orang menentang VAR, tetapi kita harus mau menerimanya dan melangkah maju. Kita juga sudah melihat pada musim ini banyak pengambilan keputusan yang salah dari wasit,” ujar mantan pengadil di Liga Inggris, Mark Halsey. (aci)