oleh

Lima Murid SD di Pasaman Keracunan Makanan

PASAMAN – Kasus keracunan makanan kembali melanda siswa di Pasaman. Kali ini, lima orang Siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Salibawan, Kecamatan Lubuk Sikaping diduga keracunan usai menyantap nasi goreng dan mie kuah kacang. Kejadian naas ini terjadi Sabtu (31/8) sekitar pukul 09.30 WIB.

Kepala Puskesmas Sundatar, Fitri Darwini mengatakan, kejadian tersebut berawal dari saat kelima siswa itu membeli nasi goreng dan mie kuah kacang di sebuah kedai yang berada di suar sekolah.
“Kemudian dari pengakuan korban, makanan tersebut terasa pahit. Usai menyantap makanan tersebut, korban merasakan gejala mual, sakit perut, muntah, dan pusing,” kata Fitri.

Kelima korban yakni Yelsi (10), Safira Ahdar (12), Acha Septriacha (10), Salsabilla Atika (10), dan Eliza Heriani (10). Hingga Minggu (1/9), kelima siswa sudah mulai membaik dan ada yang dipulangkan.

“Empat diantaranya usai kami obati sudah bisa pulang kerumahnya sekitar pukul 12.30 WIB kemarin. Sementara satu korban atas nama Yelsi terpaksa dirujuk ke RSUD Lubuk Sikaping yang masih dalam kondisi lemas. Sebab korban sebelum kejadian diketahui belum sarapan, ditambah mempunyai riwayat sakit magh. Namun, kondisinya sudah membaik saat ini,” kata Yelsi.

Sementara Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Martin Suhendri mengatakan, perihal keracunan ini, pihaknya sudah mengumpulkan sampel sisa makanan dan muntah korban untuk diteliti di laboratorium.

“Kami sudah memerintahkan tadi mitra kami di Dinas Kesehatan setempat untuk mengumpulkan sampel sisa makanan dan muntah korban. Kami akan teliti dan diuji di labor, hasilnya akan keluar dalam satu minggu ini,” tukas Martin. (chan)

Loading...

Berita Terkait