Tak Berkategori  

Lisda Hendrajoni Dukung Adinegoro jadi Pahlawan Nasional

SAWAHLUNTO – Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni mendukung Djamaloedin Adinegoro, selaku tokoh pers, menjadi pahlawan nasional.

“Kami mendukung usulan Pemerintah Kota Sawahlunto untuk memberikan gelar pahlawan nasional pada Djamaloedin Adinegoro,” kata anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni kepada Singgalang di Sawahlunto, Senin (22/3).

Dikatakannya, ternyata sudah diawali Walikota Deri Asta menemui Menteri Sosial Tri Rismaharini dan mendapat respon yang baik. Menteri Tri Rismaharini minta ada dorongan dan dukungan dari anggota DPR RI. “Harapan gelar pahlawan nasional untuk Djamaloedin Adinegoro akan kita perjuangkan semaksimal mungkin,” ujar Lisda.

Walikota Deri Asta mengemukakan, agar proses usulan ini lebih cepat Pemerintah Kota Sawahlunto minta dukungan dan dorongan anggota DPR RI, terutama dari Komisi VIII yang sesuai bidangnya.

Lebih jauh dikemukakanya, pengusulan tetap berjenjang dari pemerintah kota, Dinas Sosial Provinsi dan rekomendasi gubernur, diteruskan pada Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) provinsi. Kemudian hasil sidang TP2GD provinsi diteruskan pada Tim Peneliti, Pengkajian Gelar Pusat (TP2GP) sebelum diserahkan pada Dewan Gelar.

Lebih jauh dikatakan walikota, proses awal yang terlebih dahulu dilakukan menggelar seminar usulan calon pahlawan nasional membuat makalah. “Mungkin ini persiapan awal yang akan kita lakukan,” ujar Deri Asta.

Ditambahkannya, selain itu Pemerintah Kota Sawahlunto juga menyerahkan proposal renovasi makam pahlawan nasional Prof. Mr. Mohammad Yamin di Talawi.(cong)