Tak Berkategori  

Literasi Digital Dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan

Literasi Digital 2021.(ist)

PASAMAN BARAT – Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang digagas Presiden Joko Widodo bersama Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kembali digelar di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat pada Rabu, 10 November 2021.

Webinar yang dimulai pukul 13.30 WIB itu membahas tentang LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Webinar itu digelar dengan tujuan mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024.

Literasi digital adalah kemampuan menggunakan  TIK untuk menemukan, (teknologi, Informasi dan Komputer) mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengkomunikasikan informasi dengan kecakapan kognitif dan teknikal.

“Era digital adalah masa ketika informasi mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital. Era di mana hampir semua aspek dalam kehidupan, termasuk dalam pembelajaran yang terjadi lebih banyak memanfaatkan digital,” kata Aziza Meria, S.Sos.I., M.Ag sebagai Dosen UIN Imam Bonjol Padang.

Sementara itu, Eko Pamuji memaparkan transaksi di era new normal ini terdapat transaksi digital ialah pembayaran nontunai (cashless) seperti mobile banking atau perangkat transaksi virtual lainnya.

Tersedianya fasilitas ini membuat orang tidak perlu beranjak dari tempat duduk untuk bertransaksi. Hanya melalui smartphone yang terhubung internet, semua bisa dilakukan.

Osni, S.Kom Guru SMPN 2 Pasaman menjelaskan Pengguna internet Indonesia terbesar ke-4 di dunia.

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pengguna internet Indonesia saat ini adalah 202 juta orang atau 73% dari total 274 juta penduduk pada tahun 2020. Mayoritas pengguna  internet adalah generasi Y atau generasi milinial dengan rentang usia 20-34 tahun.

Ketika semua orang sudah menggunakan teknologi, yang kita harus lakukan adalah melakukan pengamanan terhadap sumber daya telematika demi mencegah terjadinya tindakan cybercrime merupakan Aktivitas mengoperasikan sebuah sistem untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan availability information.

Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Rio “Hijau Daun” sebagai Professional Drummer yang memberikan sharing session, literasi digital dalam meningkatkan wawasan kebangsan. Nilai-nilai Pancasila juga diharapkan tertanam dalam proses pendidikan di masa pandemi ini.

Khususnya untuk meningkatkan kepedulian, antara generasi milenial terhadap sesamanya. Kemajuan digital jangan sampai meninggalkan nilai-nilai dasar kebangsaan seperti tertuang dalam Pancasila.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)