Tak Berkategori  

Longsor, Lalu Lintas Padang-Solok Terganggu

PADANGĀ  – Longsor kembali terjadi di kawasan Lubuak Paraku, Lubuk Kilangan, Padang, Rabu malam sekitar pukul 20.10 WIB.

Material longsor dilaporkan menutup badan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) yang menghubungkan Padang-Solok itu.

“Longsor kembali terjadi malam ini, tim dari BPBD telah dikerahkan le lokasi kejadian,” kata Kepala Pelaksana Badan Penananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Barlius.

Ia mengatakan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan dinas PUPR untuk mengerahkan alat berat ke lokasi kejadian.

“Material longsor berupa lumpur dan tanah cukup tinggi menutup badan jalan, sehingga butuh alat berat untuk pembersihan,” katanya.

Ia memperkirakan jika alat berat telah datang maka pembersihan material longsor akan berlangsung sekitar satu jam di lokasi.

Barlius menjelaskan longsor malam itu terbilang lebih besar dibandingkan longsor yang terjadi pada sore sekitar pukul 16.30 WIB di kawasan yang sama.

Sementara Kepala Kepolisian Sektor Lubuk Kilangan AKP Lija Nesmon mengatakan pihaknya telah mengerahkan personel ke lokasi kejadian.

“Personel telah dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan pengamanan serta berkoordinasi dengan instansi terkait,” katanya.

Pada bagian lain, BPBD mengimbau masyarakat tetap berhati-hati saat beraktivitas ataupun berkendara ketika hujan turun dengan intensitas tinggi. (ant)