Tak Berkategori  

Luhut Perintahkan PLN Batu Bara Dibubarkan

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta anak usaha PLN yaitu PT PLN Batubara dibubarkan. Dia menilai salah satu penyebab kelangkaan pasokan batubara di pembangkit PLN karena PLN memenuhi pasokan batubaranya dari tarder yang tidak memiliki kewajiban domestic market obligation (DMO).

“Kita minta enggak ada batu bara lewat PLN, PLN Batu Bara kita minta untuk dibubarin,” kata Menko Luhut, Senin (10/1/2022).

Luhut menyampaikan bahwa, kondisi suplai batu bara PLN sudah mengalami perbaikan sejak dinyatakan kelangkaan pasokan pada 31 Januari 2021 lalu.

“Kita benahi banyak betul ini nanti PLN tidak ada lagi FOB semua CIF tidak ada lagi PLN trading dengan trader, jadi semua harus beli dari perusahaan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif menjelaskan selama ini PLN mendapatkan pasokan batu bara sebanyak 60% dari perusahaan tambang dan 40% dari trader. Skema ini lah yang malah membuat PLN berpotensi mengalami kekurangan pasokan.

“Karena selama ini perusahaan penambang tidak punya kewajiban dalam memberikan suplai kepada trader. Makanya mereka ekspor,” kata Arifin. (okezone)

Artikel Asli