Tak Berkategori  

Luis Enrique Terlalu Sombong, Spanyol pun Disingkirkan Italia

PELATIH Tim Nasional (Timnas) Spanyol, Luis Enrique, terlalu banyak mengeluarkan kalimat bernada sombong jelang laga timnya kontra Italia di semifinal Piala Eropa 2020. Namun, efeknya tak bagus kepada Spanyol, yang mana akhirnya Spanyol disingkirkan Italia di semifinal Piala Eropa 2020.

Sebelum laga Italia vs Spanyol digelar dini hari tadi, Lucho -sapaan akrab Enrique– sesumbar membawa sang tim juara Piala Eropa 2020. Dalam pandangannya, target maksimal wajib dicanangkan Spanyol, mumpung sudah tiba di semifinal.

“Kami sangat bangga. Anda salah untuk berpikir bahwa kami, atau semifinalis mana pun, akan puas hanya sejauh itu sekarang. Kami semua ingin mencapai final dan menang,” ujar Enrique dilansir dari laman resmi UEFA, pada Selasa (6/7/2021).

Mantan pelatih Barcelona ini memang dikenal sebagai juru taktik yang ambisius. Tak heran karena saat menangani Barcelona, gelar demi gelar akrab dengan juru taktik yang biasa disapa Lucho tersebut.

Ketika menangani Barcelona, ia sempat mengantarkan Lionel Messi dan kawan-kawan merebut treble winner pada 2014-2015. Hal inilah yang membuat Luis Enrique selalu menggebu-gebu saat menemani skuad asuhannya bertanding.

“Saya seorang pemimpin, itu jelas. Akan tetapi, saya tidak bertanding di lapangan. Pemimpin terpenting adalah yang turun di lapangan. Jika kami cukup beruntung lolos ke final, itu akan menjadi pujian bagi para pemain,” lanjut Luis Enrique.

Seharusnya Luis Enrique dapat berkaca ke Pelatih Swiss, Vladimir Petkovic. Setelah menyingkirkan Prancis 16 besar Piala Eropa 2020, Petkovic sesumbar.

Sebelumnya ia mengatakan bisa mengalahkan tim mana pun, termasuk Spanyol di babak perempatfinal Piala Eropa 2020. “Kami harus lapar (kemenangan) untuk lolos ke babak berikutnya,” kata Petkovic, dikutip dari France 24, Jumat (2/7/2021).

“Dari titik ini saya tidak bisa mengatakan saya puas. Karena, bagi saya, langkah selanjutnya selalu yang paling penting. Kami ingin lolos ke babak berikutnya, bahkan meski kami menghadapi salah satu favorit di Spanyol,” lanjutnya.

Namun, hasil yang didapat Swiss jauh dari kata baik. Swiss disingkirkan Spanyol di perempatfinal Piala Eropa 2020 via adu penalti. Nasib yang sama pun dialami Spanyol dini hari tadi. Setelah bermain 120 menit, skor Italia vs Spanyol sama kuat 1-1.

Pada akhirnya, Spanyol kalah 2-4 via adu penalti dari Italia. Spanyol pun harus mengubur mimpi mereka merebut trofi keempat di ajang Piala Eropa. (okezone)

Lihat Artikel Asli