Mahasiswa Fisika FMIPA Unand Kembangkan Thermo Gun Deteksi Dini Corona

×

Mahasiswa Fisika FMIPA Unand Kembangkan Thermo Gun Deteksi Dini Corona

Sebarkan artikel ini
mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas MIPA Unand untuk mengembangkan Thermo Gun. (ist)

PADANG – Guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona, pemeriksaan suhu tubuh menjadi suatu keharusan dalam masa “New Normal” ini. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh berupa Thermo Gun. Thermo gun pada dasarnya adalah termometer infrared yang mengukur temperatur atau suhu tanpa bersentuhan dengan obyek yang akan diukur suhunya.

Namun, tidak semua tempat memiliki alat ini, termasuk di tempat ibadah. Hal ini mendorong mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Andalas (Unand) untuk mengembangkan Thermo Gun. Alat ini dikembangkan di Laboratoirum Elektronika dan Instrumentasi Jurusan Fisika oleh Aldo Novaznursyah Costrada dengan bimbingan Dr. Harmadi.

“Alat yang dikembangkan ini prinsipnya sama dengan yang ada di pasaran, menggunakan sensor infrared,” kata Dr. Harmadi. Dia menambahkan alat ini dilengkapi dengan bunyi atau “alarm” sehingga akan berbunyi jika suhu benda yang diukur melewati ambang batas tertentu.

Baca Juga:  Program Desaku Menanti Akhirnya Di-launching di Padang

Alat ini sudah diserahkan kepada masyarakat, diantaranya ke Masjid Al-Ihsan Tanah Sirah Piai Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang. Pengembangan alat ini juga bekerjasama dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pencegahan COVID-19 FMIPA Unand dengan dosen pembimbing Dr. Dahyunir Dahlan. Penyerahan Thermo Gun karya mahasiswa Fisika ini ke Masjid Al-Ihsan dilakukan, Rabu (17/06).